Inspiration

Buah-Buah Ketekunan dalam Pelayanan

Ada saatnya menabur.

Ada saatnya menuai.

Itu kalimat-kalimat kebijaksanaan.

Namun sungguh menjadi kenyataan.

Begitulah, dengan penuh rasa syukur, kunikmati kenyataan itu. Kendati dalam suasana gundah karena harus berpisah. Memang, perpisahan hanya oleh jarak, namun tetap dalam kesatuan dalam persaudaraan.

Pada tanggal 03 November 2015, saya tiba di Pastoran Ungaran. Kala itu, kutempuh perjalanan perutusan dengan berjalan kaki, dari Pastoran Kebon Dalem Jl. Gang Pinggir Semarang menuju Pastoran Ungaran. Sejak itulah, bersama Romo Yakobus Sudarmadi Pr, sebagai rekan seimamat dan Pastor Kepala Paroki Ungaran, saya memulai kehidupan baru dalam pelayanan di Kabupaten Semarang. Saya pindah dari kota ke kabupaten Semarang.

Pemilik hak cipta

Dua tahun kemudian, tepatnya tanggal 26 November 2017, saya diberhentikan dengan hormat dari tugas itu. Maka, terhitung sejak tanggal 03 November 2015 hingga tanggal 26 November 2017, genaplah dua tahun 23 hari, saya bertekun dalam pelayanan di paroki Ungaran. Pada tanggal 26 November 2017 malam, saya memetik buah-buah ketekunan dalam pelayanan itu.

Selama dua tahun 23 hari di Ungaran, saya menawarkan model pelayanan melalui dua jalan. Pertama, melalui jalan spiritualitas-sakramental sebagai pastor. Jalur ini ditandai dengan gerakan sembah bakti dalam pujian dan sujud di hadapan Sakramen Mahakudus. Itulah yang disebut gerakan adorasi abadi. Gerakan yang melibatkan banyak orang untuk tanpa henti, silih berganti terus-menerus melakukan sembah sujud di hadapan Sakramen Mahakudus. Gerakan itu terjadi baik di Pudak Payung maupun di Ungaran, yang menjadi wilayah reksa pastoral paroki Ungaran. Melalui gerakan ini, umat kuajak untuk mengolah keheningan batin, dalam sembah sujud dan penyerahan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Bersama para seniman dan dari Ansor Jambu Pemilik hak cipta

Kedua, melalui jalan srawung dengan menggunakan media seni dan budaya untuk merekatkan persaudaraan dalam keberagaman. Melalui jalan ini, kami menyelenggarakan acara jumpa perempuan lintasagama, srawung seniman dan budayawan, malam seni dan budaya, dan beberapa kegiatan seni budaya yang melibatkan umat paroki maupun masyarakat sekitar. Kegiatan itu diselenggarakan baik di kompleks pastoran maupun di alun-alun kabupaten, dalam sinergi dengan Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang maupun dengan Dewan Kesenian Kabupaten Semarang.

Syukur kepada Allah, dua jalan itu berbuah indah. Minimal, hal itu kurasakan pada kesempatan diselenggarakan malam perpisahan pada hari Minggu (26/11/2017) yang lalu. Anak-anak muda menampilkan berbagai tarian untuk menyemarakkan acara perpisahan. Bahkan, dalam acara itu, hadir pula kawan-kawan dari banser dan ansor dai Kecamatan Jambu, bukan dalam rangka pengamanan, melainkan dalam rangka persaudaraan. Peristiwa sederhana, namun sangat mengesankan bagiku, sebagai buah-buah indah ketekunan dalam pelayanan.

Bersama Mas Agus – Ansor Jambu dan Syahrul Munir – Jurnalis. Pemilik hak cipta

Hal itulah yang diungkapkan pula oleh Bapak Rob, Wakil Ketua II Dewan Paroki Ungaran, saat beliau memberikan kesan dan kesaksian tentang buah-buah pelayanan yang boleh kupersembahkan di paroki. Oleh sebab itu, terima kasih kepada semua pihak yang dalam dua tahun 23 hari ini berkenan menjalin kerjasama yang baik untuk menghayati karya pelayanan melalui pola bersumber dari keheningan doa dan sakramental khususnya dari Ekaristi dan Adorasi, berbuah dalam perjumpaan inklusif dengan siapa-siapa. Itulah buah indah dalam pelayanan, dari keheningan merenung berbuah srawung, dari ekaristi dan adorasi berbuah aksi budaya dan seni, dari sikap inklusif berbuah pelayanan inovatif dan transformatif.

Semoga buah-buah pelayanan itu tetap bisa dipetik dari pohon kebersamaan dan persaudaraan dalam keberagaman dalam sikap saling hormat dan menghargai satu terhadap yang lain. Terima kasih atas buah-bauh baik yang boleh kita petik bersama. Tuhan memberkati.***

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3777728931611942?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.