Inspiration

Santa Maria Perempuan Tersuci

Tidak ada yang mustahil bagi Allah untuk melakukannya bagi kita umat dan makhluknya. Inilah salah satu alasan mengapa pada hari ini, 08 Desember, Gereja Katolik menempatkan Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda. Dalam bahasa Latin disebut dengan istilah Maria Immaculata. Bagaimana penjelasannya?

Pertama, iman akan keberadaan Santa Perawan Maria dikandung tanpa noda dosa mengacu pada realitas historis bahwa Maria dipilih Allah untuk mengandung dan melahirkan Yesus. Dalam Injil Lukas, saat penetapan Maria, seorang gadis Nazareth sebagai bunda Yesus ditandai dengan salam pengudusan. Malaikat Gabriel memberi salam kepadanya dengan berkata, Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.” (Lihat Lukas 1:26-38).

Kedua, Allah Yang Maha Kuasa yang memilih Maria menjadi perempuan tersuci karena ditentukan untuk mengandung dan melahirkan Yesus, Sang Utusan, dalam rangka karya keselamatan dan penebusan umat manusia tanpa diskriminasi. Sejak itulah, dari masa ke masa, pandangan dan ajaran dogmatis Gereja disampaikan kepada umatnya.

Ketiga, puncak pengajaran dogmatis diberikan oleh Paus Pius IX pada tahun 1854, yang mengajarkan bahwa Santa Perawan Maria sejak saat pertama dikandung, telah bebas dari noda dosa asal, berkast kasih karunia Allah, dan berdasarkan jasa penebusan Yesus Kristus. Itulah yang dituangkan dalam Konstitusi Apostoliknya yang berjudul Inefabillis Deus, tertanggal 8 Desember 1854. Bahkan di kemudian hari, pada tahun 1858, empat tahun sesudah penetapan ajaran dogmatis itu, Santa Perawan Maria sendiri menampakkan dirinya kepada seorang gadis remaja yang buta huruf di desa yang sekarang dikenal dengan nama Lourdes. Gadis itu bernama St. Bernadette. Kepadanya, Santap Perawan Maria memperkenalkan dirinya sebagai Yang Dikandung Tanpa Noda.

Dua hal itulah yang membuat saya sendiri merasa diteguhkan dalam menyambut perayaan hari ini. Kebetulan, saya mendapat berkat dan rahmat boleh berziarah ke Lourdes sudah empat kali atas kebaikan banyak orang. Di sanalah, saya mengalami peneguhan iman, bahwa ajaran dogmatis tentang Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda sungguh benar. Ada bukti-bukti nyata yang mengikutinya, terutama melalui Santa Bernadette yang mendapatkan penampakan Maria Dikandung Tanpa Noda.

Sampai hari ini, jasad Santa Bernadette masih utuh setelah kematiannya, dan masih tampak segar dan cantik, meski sudah meninggal dunia lebih dari satu abad yang lalu. Hal-hal itu kian meneguhkan imanku bahwa Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda memang benar adanya. Syukur kepada Allah. Semoga menjadi berkat untuk kita semua, agar kita pun beroleh kebahagiaan dan keselamatan sesuai dengan iman kita.***

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3620886112604316?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.