Inspiration

Terima Kasihku kepada Para Guru, Ternyata Kita Sama sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Hari ini adalah hari guru. Maka, kuucapkan selamat kepada para guru di mana pun berada, entah yang kukenal dan mengenalku, entah yang tidak kukenal maupun tidak mengenalku. Terima kasih atas jasa panjenengan, para guru, walau panjenengan disebut pahlawan tanpa tanda jasa. Dan, saat ini kusadari, ternyata kita sama, menyandang citra sebagai guru; sebab saya pun memiliki pengalaman sebagai guru, meski guru tidak tetap. Kita sama-sama menjadi pahlawan tanpa tanda jasa.

Pemilik hak cipta

Di hari ini guru ini, saya bersyukur, sebab dari kecil hingga saat ini, boleh belajar dari para guru. Sejak masih kanak-kanak, di Taman Kanak-Kanak, saya mengenal guru sekolah formal. Secara formal, kualami jasa para guru dari sekolah Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi saat belajar di Pascasarja Teologi Kontekstual. Karena itulah, di hari yang istimewa ini, aku hendak mengucap syukur dan berterima kasih atas jasa para guruku, baik yang sudah meninggal dunia, maupun yang masih hidup.

Bagi para guruku yang sudah meninggal dunia, aku berdoa semoga mereka semua berbahagia di sorga. Keluarga yang ditinggalkan di dunia tetap sejahtera dan diberkati Tuhan Yang Mahas Esa. Bagi para guruku yang masih hidup, aku berdoa semoga mereka tetap sehat dan selalu berlimpah berkat, bersama seluruh anggota keluarga di mana pun berada.

Ayahku sendiri juga seorang guru, meski tidak sampai pensiun, sebab di masa lalu, kehidupan guru begitu miskin, katanya. Untuk menghidupi kami anak-anaknya, ayahku berhenti sebagai guru, lalu bekerja di sebuah perusahaan angkutan umum swasta di kota kecil kami. Namun, di kemudian hari, ayahku kembali diminta mengajar di beberapa sekolah di daerah kami, meski tanpa bayar. Syukur kepada Allah, ayahku mau melakukan itu; mungkin sebagai tanda sesal karena pernah meninggalkan profesi sebagai guru di sekolah formal.

Saya pun ternyata mendapat kesempatan beberapa kali menjadi guru, meskipun guru tidak tetap. Saat masih belajar sebagai calon pastor di Seminari Menengah maupun di Seminari Tinggi, saya pernah mencicipi menjadi guru. Mulai dari menjadi guru sekolah minggu hingga mengajar di perguruan tinggi.

Saya pernah menjalani praktik mengajar di SD Kanisius di Gowongan, Yogyakarta. Saya juga pernah mengajar di SMP Sang Timur, Yogyakarta. Pernah pula saya mengajar di SMA Bhinneka, Yogyakarta. Demikian pula, saya juga pernah mengajar di dua universitas di Yogyakarta, yakni Atma Jaya dan Sanata Dharma. Bahkan, saya pernah mengajar para pertapa muda di Pertapaan Rawaseneng. Dan sekarang ini, saya mengajar lagi di Unika Soegijapranata Semarang, sebagai dosen tidak tetap, dengan jatah lima kelas (3 kelas untuk mahasiswa S-1 dan dua kelas untuk mahasiswa S-2). Saya bersyukur dan berterima kasih boleh mencicipi citra sebagai pahlawan tanda jasa.

Pemilik hak cipta

Kuhayati semua tugas itu sekaligus sebagai ucapakan terima kasihku kepada para guru, pahlawan tanda jasa. Ucapan terima kasih yang unik, dengan ikut serta mengalami rasa-perasaan sebagai guru dari berbagai jenjang dan tingkatan sekolah, yang kadang-kadang terasa tidak mudah. Karenanya, meskipun pernah dan sedang mengalami tugas sebagai guru, di hari yang istimewa ini, ijinkan daku mengucapkan terima kasihku kepada para guru. Mungkin benar, kita ini para guru, adalah para pahlawan yang tanpa tanda jasa. Bahkan gelar kepahlawanan itu kita sandang tanpa menunggu saat sesudah kematian kita!

Selamat dan terima kasih kepada para guru, pahlawan tanda jasa. Mari kita emban tugas perutusan ini dengan gembira, meski jaman sudah berbeda, dengan segala tantangan yang berbeda pula. Semoga julukan guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa tidak membuat perjuangan kita menjadi sia-sia mempersiapkan masa depan kehidupan anak-anak bangsa yang dipercayakan kepada kita!***

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2149886331797221?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.