Inspiration

Renungan Malam: Hati Penuh Syukur

Malam tiba seiring matahari terbenam dalam pandangan kita, meski pada saat yang sama ia terbit di pelupuk mata belahan dunia lain. Seiring malam tiba, selalu datang kegelapan. Namun kegelapan bukanlah tanda penghabisan apalagi lenyapnya pengharapan. Maka, setiap kali malam tiba, hati pun sudah semestinya dipenuhi rasa syukur. Mengapa?

Pertama, malam tiba membimbing kita memasuki saat istirahat. Ini bagi kita yang sudah bekerja dari pagi hingga sore, dari siang hingga malam. Saatnya bagi kita yang mengalami ritme hidup seperti itu mengumpulkan kembali seluruh energi, melalui istirahat yang penuh nikmat. Itulah sebabnya, malam pun kita sambut dengan hati penuh syukur.

Kedua, istirahat itu sudah memberi pengharapan, bahwa tenaga kita akan dipulihkan. Dengan demikian, esok hari kita boleh menyambut fajar baru dengan badan dan jiwa yang segar. Maka, malam pun membuat hati dipenuhi rasa syukur.

Ketiga, malam menjadi saat-saat kita menghayati saat tidur. Entah yang tidak, entah yang mendengkur, itulah bagian dari indahnya saat tidur. Mendengkur bagi orang tertentu mungkin mengganggu. Namun, ada kesaksian dari seseorang, yang terus merindukan pribadi yang dikasihinya yang telah berpulang ke pangkuan Tuhan, bahwa ia tak lagi mendengar kekasihnya mendengkur. Ada suatu rasa kehilangan yang tak terukur. Maka, baginya, malam merupakan saat yang dipenuhi rindu akan kekasihnya yang tak lagi mendengkur oleh sebab ia sudah terbaring di dalam kubur. Kendati demikian, hatinya tetap dipenuhi rasa syukur.

Keempat, malam menghadirkan mimpi-mimpi, yang tak hanya sekadar bunga orang tidur, melainkan memuat seribu janji. Mimpi-mimpi yang sudah diraih melalui berbagai usaha, upaya dan jerih payah. Yang pada akhirnya berbuah menjadi berkah. Lalu berkah itu dihitung di malam hari, saat toko sudah ditutup, dan sang pedagang menghitung segala yang diperoleh sebagai untung.

Karenanya, jangan meremehkan malam, kendati kadang terasa kelam. Kita sambut malam dengan hati penuh syukur. Kita persembahkan segala anugerah dan berkat yang dicurahkan sepanjang hari oleh Tuhan Yang Maha Esa yang selalu peduli kepada kita.

Daun salam, daun kencur. Selamat malam, selamat tidur. Tuhan memberkati.***

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4489570074332788?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.