Inspiration

Kerukunan Umat Kristiani di Kelurahan Pudakpayung Semarang

Pada hari Sabtu, 27 Januari 2018, saya meluncur dari Pondok Pesantren Girikusumo Mranggen, Demak menuju Gereja St. Yakobus Zebedeus Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Di Ponpes Girikusumo saya mengikuti prosesi baiat Pengurus GP Ansor PC Demak dan PW Jawa Tengah. DI Gereja St. Yakobus Zebedeus Pudakpayung, saya mengikuti kebersamaan hidup yang rukun di antara Umat Kristiani sekelurahan Pudakpayung. Bagaimana dan seperti apakah kisahnya?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Di Kelurahan Pudakpayung, terdapat sepuluh Gereja Kristen. Satu Gereja Kristen Katolik, yakni Gereja St. Yakobus Zebedeus; dan sembilan Gereja Kristen Protestan dengan berbagai denominasinya, antara lain GBI, GPdI, GKI, dan GSJA. Kawan-kawan dari Gereja Kristen Protestan/Reformasi memang memiliki denominasi yang lebih banyak dibandingkan dengan Gereja Kristen Katolik. Itulah sebabnya, di satu Kelurahan Pudakpayung hanya ada 1 Gereja Katolik dan 9 Gereja-Gereja Kristen Protestan.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Namun demikian, semuanya belajar untuk hidup rukun. Kerukunan itu dibangun melalui sebuah forum yakni Forum Komunikasi Gereja-Gereja Pudakpayung (FKGP). Melalui forum inilah, kerukunan umat Kristiani Kelurahan Pudakpayung dibangun dan dihayati. Salah satunya, FKGP menyelenggarakan natalan bersama setiap tahun. Tahun lalu, saat FKGP dibentuk, natalan bersama dilaksanakan di Balai Kelurahan Pudakpayung. Tahun ini, natalan bersama dilaksanakan di Gereja Katolik St. Yakobus Zebedeus Pudakpayung.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kebetulan, tahun lalu dan tahun ini, saya yang diminta oleh FKGP untuk memberikan renungan, sebab mereka ingin mendalami tema terkait dengan kerukunan dan persatuan dalam damai sejahtera hidup bersama. Kepada para hadirin, baik para Pendeta maupun Jemaat dan Umat yang hadir, saya membagikan pengalaman saya dalam merajut perdamaian dan kerukunan dengan siapa pun, tanpa bersikap diskriminatif, bahkan tetap dalam damai sejahtera dan mengutamakan kasih terhadap orang tertentu yang memusuhi dan melawan kita.

Saya tegaskan dan tekankan pada kesempatan malam itu, bahwa keberagaman itu anugerah dan kekayaan yang indah. Ibarat tubuh kita terdiri dari berbagai macam anggota tubuh yang berada dalam kesatuan dan saling melengkapi, demikianlah keberagaman hidup bersama yang rukun dan damai. Bahkan, bagian yang paling kecil sekali pun tetap dibutuhkan. Jari-jemari kita saja, dalam satu tangan entah kiri atau kanan, terdiri dari lima jari yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Namun satu terhadap yang lain saling membutuhkan.

Referensi pihak ketiga

Kerukunan juga bisa digambarkan melalui satu alat musik yang saya mainkan, yakni saksofon. Saksofon itu satu alat musik yang terdiri dari berbagai komponen dari yang terkecil hingga yang terbesar. Namun, semuanya harus bersatu padu agar bisa menghasilkan nada suara yang indah melalui hembusan nafas yang baik dan teratur. Begitu pula kehidupan kita bersama. Biarlah hembusan nafas Roh Kudus membuat kebersamaan kita menjadi tanda sukacita dan kegembiraan dalam kehidupan yang rukun dan damai-sejahtera.

Itulah pengalamanku dalam meneguhkan kerukunan umat Kristiani di Kelurahan Pudakpayung. Terima kasih kepada panitia yang memberikan kepercayaan kepadaku untuk berbagi pengalaman iman dan kehidupan yang rukun dan damai sejahtera dalam hidup bersama. Terima kasih kepada Kurnia Alfa yang menemani perjalananku dari Unika Soegijapranata menuju Pondok Pesantren Girikusumo Mranggen, Demak hingga Gereja St. Yakobus Zebedeus Pudakpayung. Semuanya berjalan baik dan lancar, semoga sesuai dengan kehendak Tuhan Yang Maha Esa dan menjadi berkah untuk kita semua.***

Artikel ini bersumber dari pengalaman pribadi. Berita serupa dengan tekanan isi yang berbeda berdasarkan press-release yang saya berikan kepada Investor Daily dan BeritaSatu(diterbitkan pada link id.beritasatu.com dan www.beritasatu.com, 28/1/2018, pkl 17.23 dan 17.33 WIB).

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1459191049008123?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.