Inspiration

Peradaban Kasih, Keadilan, Kerukunan dan Kesejahteraan

Tulisan ini masih merupakan kelanjutan refleksi pribadiku atas perjumpaanku dengan KH Munif Zuhri, Pengasuh Pondok Pesantren Girikusumo pada kesempatan mengikuti prosesi baiat Pengurus GP Ansor PC Demak dan PW Jawa Tengah pada hari Sabtu, 27 Januari 2018 yang lalu. Ada garis tegas yang ditorehkan oleh Kiai Haji Munif dalam tausiyahnya kepada para hadirin khususnya bagi GP Ansor. Tausiyah itu ditutup dengan ajakan bersholawat bersama sebagaimana tampak cuplikannya dalam youtube berikut ini.

Orisinil

Sebelum bersholawat, KH Munif Zuhri menegaskan pesan ini kepada GP Ansor PC Demak dan PW Jateng, “Janganlah merasa bisa bernafas lega sebelum keadilan berdiri tegak. Engkau adalah generasi penerus para ulama. Bersama para ulama bangunlah peradaban perdamaian untuk semua anak-anak bangsa. Rasa keadilan dan kedamaian adalah tujuan kita. Kita tidak perlu merebut kekuasaan. Tradisi NU tidak pernah haus merebut kekuasaan! NU berdoa untuk penguasa agar bisa mewujudkan keadilan dan perdamaian. Tujuan kita adalah seluruh masyarakat hidup sejahtera dalam keadilan dan kedamaian. Kesejahteraan salah satunya bisa makan. Makan untuk hidup lalu berjuang untuk kerukunan, keadilan dan kedamaian dan kesejahteraan bagi semua.”

KH Munif Zuhri. Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kalimat tersebut menancap dalam di lubuk hatiku. Serta merta dengan rasa hormat dan syukur, saya mengamini pesan moral tersebut sebagai bagian dari perjuangan mewujudkan peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agamanya.

Saya menikmati dan mengamini dalam rangka peradabankasih, keadilan, kesejahteraan dan kerukunan bangsa dan masyarakat kita. Sesuai ajaran Gereja Katolik dalam Nostra Aetate 2 dan Lumen Gentium 16: Gereja Katolik tidak menolak apa pun yang baik, benar dan suci yang terdapat dalam semua agama dan kebudayaan.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Demikian sharing reflektif melalui tulisan sederhana ini terkait pengalaman pribadiku mengikuti suasana doa dan sholawat bersama KH Munif Zuhri di Pondok Pesantren Girikusumo pada kesempatan prosesi baiat Pengurus GP Ansor PC Demak dan PW Jateng. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf, semoga bermanfaat. Salam sejahtera untuk kita semua.***

Sumber: Pengalaman Pribadi.

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2043724209869448?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.