Inspiration

Sambil Menyelam Minum Air

Pepatah yang mengatakan bahwa sambil menyelam minum air menjadi kebenaran dalam diri saya. Seperti apa kisahnya?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Hari Selasa, 23 Januari 2018, kami mengikuti Ibadat Ekumene Pekan Doa Sedunia untuk Kesatuan Umat Kristiani di Gereja St. Rafael Kalinegoro, Pancaarga, Magelang. Perjalanan dari Semarang ke Magelang sudah menuntut energi. Padahal, hari berikutnya, 24 Januari 2018, kami harus mengikuti gerakan yang sama di Gereja St. Fransiskus Xaverius Kidul Loji, Yogyakarta.

Maka, dari pada kami balik ke Semarang lalu esok harinya berangkat lagi ke Yogya, hari Selasa malam (23/1) kami bermalam di Youth-Center Wisma Salam. Semula, kami akan bermalam di Pastoran Sanjaya Muntilan (PSM). Kami sudah pesan tempat di PSM. Namun, di tengah perjalanan, rencana itu berubah. Kami memilih untuk bermalam di Youth-Center Wisma Salam saja.

Alasannya? Biarlah sambil bermalam di Wisma Salam, kami juga mempunyai kesempatan untuk berbicara tentang persiapan Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama Se-Keuskupan Agung Semarang bersama Romo Heribertus Budi Purwantoro Pr, Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Semarang dan sekaligus Direktus Wisma Salam. Begitulah, kami membatalkan rencana bermalam di PSM dan bermalam di Wisma Salam, sesudah memberi konfirmasi kepada Romo Budi sebagai Direktur Wisma Salam.

Kami diterima dengan penuh kebaikan dan keramahan. Malam hari kami bisa mengobrol santai namun serius dan berbagi pengalaman. Esok harinya, sesudah sarapan, kami bisa berbicara lebih serius terkait dengan persiapan Srawung Persaudaraan Orang Muda Lintas Agama Se-Keuskupan Agung Semarang yang akan kami laksanakan pada bulan Oktober mendatang.

Pembicaraan ini sekaligus menjadi persiapan jangka pendek ketika pada tanggal 31 Januari nanti, kami akan berjumpa bersama dengan seluruh tim panitia, baik SC maupun OC acara Srawung Persaudaraan Sejati itu. Kebetulan, Romo Heribertus Budi Purwantoro Pr menjadi Ketua OC, dan saya sendiri diminta menjadi Ketua SC. Bersama Tata, Awi dan Sindajanty, kami berlima membicarakan hal-hal yang perlu dibiacarakan terkait dengan Srawung Persaudaraan Sejati serta hal-hal yang perlu kita bicarakan dalam pertemuan bersama tanggal 31 Januari nanti.

Antara lain, kami melengkapi personalisa kepanitiaan. Membicarakan hal-hal praktis terkait dengan Srawung Persaudaraan Sejati, misalnya terkait dengan sosialisasi, persiapan pra-Srawung, logo, dan siapa saja yang perlu didekati dalam kerja sama ini.

Itulah yang kumaksudkan dengan pengalaman sambil menyelam minum air. Sambil bermalam, bisa istirahat, saling sapa salam dan swaung kolegialitas imamat, sekaligus membicarakan persiapan karya pelayanan dalam rangka Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama.***

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3062894094106868?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.