Inspiration

Terima Kasih Umat Kalinegoro

Melalui artikel sederhana ini, saya ingin berterima kasih kepada Umat Gereja St. Rafael Kalinegoro, Magelang. Terima kasih pula kepada para Romo dan para Ibu dan Bapak Pendeta di Kabupaten dan Kota Magelang. Mengapa? Berikut jawabannya.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Sejak tanggal 18 Januari yang lalu, saya menjalani road-serve (bukan roadshow ya, karena kami tidak show melainkan serve, melayani) dalam rangka Pekan Doa Sedunia (PDS) untuk Kesatuan Umat Kristiani, 18-25 Januari. Tanggal 18 Januari PDS di Gereja St. Athanasius, Karangpanas. Tanggal 19 Januari Natalan Ekumene di Holy Stadium JKI Marina Semarang. Tanggal 20 Januari PDS di Gereja Kristus Raja Solo Baru. Tanggal 21 Januari bersama para janda lansia di Kristus Raja Ungaran. Tanggal 22 Januari PDS di GKI Gereformeerd Semarang dan GKMI Salatiga, saya ikut yang di Gereformeerd.

Lalu, tanggal 23 Januari, bersama Tim Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang (Kom HAK KAS) yakni Lukas Awi Tristanto dan MM Sindajanty, saya berangkat ke Gereja St. Rafael Kalinegoro, Magelang untuk gerakan yang sama, yakni Ibadat Ekumene PDS dalam rangka Kerukunan Umat Kristiani. Gereja Kalinegoro adalah bagian dari Paroki St. Mikael Pancaarga, Magelang yang saat ini dilayani oleh Romo Saryanto Pr. Mereka berkenan menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Ibadat Ekumene PDS tersebut.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Tim Inti Pastoral Kevikepan (TIPK) Kedu dalam arahan Romo Vikep Kedu, FX Krisno Handoyo Pr mempersiapkan segala sesuatunya untuk kepentingan ini. Mereka berhasil menghadirkan tujuh Romo Pastor Katolik yang ikut ambil bagian dalam Ibadat Ekumene ini, plus saya menjadi delapan orang. Selain kami, berdelapan para Romo Pastor Katolik, hadir pula dan turut serta dalam Ibadat Ekumene tersebut, lima Pendeta, dua Ibu Pendeta dan tiga Bapak Pendeta.

Umat yang hadir sedikitnya 500 orang sehingga gedung gereja St. Rafael tidak bisa menampung lagi. Ratusan umat masih harus duduk di luar dan samping gereja. Suasana semarak dalam kebersamaan, kerukunan dan persaudaraan tercipta dalam sukacita dan kegembiraan. Antusiasme umat, para Romo, para Pendeta sungguh luar biasa bagiku.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Itulah alasan, mengapa melalui tulisan sederhana ini, saya ingin mengucapkan terima kasih dari hatiku yang terdalam, dalam rasa syukur kepada Allah. Semoga gerakan-gerakan ini berbuah dalam membangun peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun Agama dan Gerejanya.***

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2261715876569647?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.