Inspiration

Aku Menghadiri Musyawarah Besar Pemuka Agama Se-Indonesia untuk Kerukunan Beragama

Kerukunan antarumat beragama itu penting! Itulah sebabnya, Prof Dr Din Syamsuddin, yang menjadi Utusan Khusus Presiden Joko Widodo untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban mengundang sejumlah tokoh lintasagama se-Indonesia untuk mengadakan Musyawarah Besar Pemuka Agama untuk Kerukunan Bangsa (MBPA-UKB) di Jakarta. MBPA-UKB diselenggarakan pada tanggal 8-11 Februari 2018. Sedikitnya 450 para pemuka agama se-Indonesia hadir untuk kepentingan itu.

Selfie dengan Pendeta Eka Lasa di dalam taxi. Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Dengan segala kerendahan hati, aku bersyukur turut diundang oleh Panitia atas nama Bapak Din Syamsuddin untuk hadir dan ikut serta dalam hajatan yang mulia ini. Untuk itulah, tadi pagi, saya berangkat dari Semarang ke Jakarta.

Antre mendapatkan kunci kamar. Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Di bandara, saya berjumpa dengan sahabat saya, Pendeta Eka Lasa. Beliau juga diundang untuk kepentingan yang sama. Maka, dari Cengkareng, kami berdua naik taksi menuju Garden Sahid Hotel di kawasan Soedirman, tempat diselenggarakannya pertemuan tersebut.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Setiba di lokasi, saya jug berjumpa dengan Pendeta Gunawan dari Gereja Isa Almasih Semarang dan Koh Andi Tjiok yang oleh Ketua Matakin Jateng-DIY diminta hadir mewakili Pak Ping An dari Konghucu.

Sambil menunggu acara dimulai, kami selfie-selfie terlebih dahulu. Para peserta pun mulai berdatangan dari berbagai daerah. Dalam keberagaman, kami saling berjumpa, saling berkenalan, saling tegur sapa dalam kegembiraan.

Sambil antre registrasi dan mendapatkan kunci kamar, kami bisa saling bercanda, bahkan meski baru saling kenal di tempat akan diselenggarakan acara tersebut. Perjumpaan dengan berbagai kawan baru dalam keberagaman, selalu menjadi berkah bagiku yang memang terus berjuang menghadirkan peradaban kasih dalam kerukunan dan semangat persaudaraan.

Selfie dengan Andi Tjiok dari Konghucu. Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kegembiraan ini bukan untuk kami sendiri, melainkan untuk seluruh bangsa Indonesia. Kalau para tokoh agama saja bisa hidup rukun dan damai seperti ini dalam perjumpaan yang akrab bersahabat. Mengapa masih ada oknum-oknum tertentu yang masih suka saling mengolok dan menghujat?

Sekali lagi, syukur kepada Allah, atas kesempatan yang indah dan penuh berkah ini. Semoga segala rangkaian Musyawarah Besar para Pemuka Agama se-Nusantara ini, ke depan akan menghadirkan buah-buah kerukunan, persaudaraan dan persatuan sebagai anak-anak bangsa di Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam sikap saling hormat di tengah keberagaman.***

Jakarta, 8/2/2018, pukul 13.00 WIB

Sumber: refleksi pengalaman pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4379480153831424?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.