Inspiration

Mengawali dan Mengalami Srawung

Minggu (4/2/2018) di Pondok Pesantren Al-Islah Tembalang, saya mengawali dan mengalami srawung persaudaraan sejati dengan para santri. Seperti apakah awal dan pengalaman itu?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Di Ponpes Al-Islah Tembalang Semarang, selain melepas rindu dengan Kiai Budi, saya juga mendapat berkat berjumpa dengan sejumlah santriwan-santriwati para penari Sufi. Selama ini, beberapa penari Sufi baik perempuan maupun laki-laki, sudah sering membantu saya dan bergerak dalam rangka srawung bersamaku di berbagai kota (Semarang, Solo, Yogya, Muntilan).

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Namun, baru kali ini, saat saya datang ke Ponpes Al-Islah Tembalang, sejumlah penari Sufi turut menyambut. Kami menyanyi dan menari bersama. Mereka sangat bersukacita. Lihatlah wajah-wajah mereka seperti tampak dalam foto-foto yang menjadi gambar sampul dan ilustrasi tulisan ini.

Para santriwan-santriwati itu tampak ceria, gembira dan bahagia. Wajah-wajah mereka bebas dari segala prasangka! Mereka tulus menyambut yang berbeda dalam sukacita.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Ijinkan saya berbagi kisah sederhana tangkapan jiwa dan hatiku terhadap mereka. Saat berjumpa dan berpisah, mereka menjabat tanganku erat, dan menciumi tanganku dengan cinta dan keramahan.

Bahkan, mereka satu per satu meminta berfoto berdua denganku dengan berbagai gaya. Jari tangan mereka berpadu dengan jari tangan kananku membentuk gambar hati. Bahkan mereka, yang putri-putri, mengajariku bergaya dengan salam “gemblung” segala, yakni salam dengan posisi menembak dengan jari telunjuk ke arah samping.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Itulah kisah sederhana mengawali dan mengalami srawung. Peristiwa hari ini menginspirasiku untuk suatu saat, akan kuajak tim reksa pastoral kampus berkunjung, bersilaturahmi dan berjumpa ke Ponpes Al-Islah dan mengalami srawung yang sama agar sukacita seperti kualami hari ini, juga mereka alami di tempat yang sama, untuk kemudian dibagikan di mana pun berada. Semoga terwujud dalam segala keindahannya!

Terima kasih Lia DAATV yang memotret dan memberikan potret itu padaku. Terima kasih pula atas kebersamaan kita sepanjang hari ini, baik di Ponpes Al-Islah maupun di Pastoran Johar Wurlirang. Tuhan memberkati kalian semua dalam kebahagiaan dan kesejahteraan.***

Sumber: pengalaman pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2530125889496899?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.