Inspiration

Pengalaman Perjumpaan Sahabat dan Menambah Sahabat Baru dalam Kerukunan

Pengalaman perjumpaan dengan banyak kawan dan sahabat dari berbagai daerah dan kota pada kesempatan Musyawarah Besar untuk Kerukunan Bangsa menjadi berkah yang kunikmati dalam dua hari ini (Kamis-Jumat, 8-9/2/2018). Bagaimana bisa?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Bagi saya, ruang perjumpaan tentu seluas bumi kita berpijak dan langit menaungi kita. Itulah perjumpaan-perjumpaan dalam realitas kehidupan, di samping perjumpaan-perjumpaan di dunia maya melalui media sosial. Pengalaman perjumpaan dengan para sahabat dan kawan baru nenambah sahabat baru beramnfaat dalam membangun kerukunan.

Sejak tiba di tempat diselenggarakannya musyawarah, saya mengalami perjumpaan dengan pribadi-pribadi istimewa, para sahabat baik yang lama maupun yang baru. Pertama-tama, kusyukuri perjumpaanku dengan Mgr. Yohanes Harun Yuwono, Uskup Keuskupan Tanjungkarang. Perjumpaan itu mengingatkan daku pengalaman delapan belas tahun silam, saat kami berjumpa untuk pertama kalinya di Seminari Tinggi St. Petrus Sinaksak, Pematangsiantar, Sumatera Utara. Kami pernah bersama-sama melayani saat saya bertugas sebagai staf dan rektor di Seminari Tinggi tersebut. Saya pun turut bahagia dan bangga sesudah sekian tahun kemudian beliau dipilih, ditunjuk dan ditahbiskan sebagai Uskup Tanjungkarang.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Bahkan, sekarang ini kami berjumpa lagi dalam konteks Hubungan Antaragama dan Kepercayaan sebab beliau menjadi guru dan pemimpin kami dalam rangka tugas tersebut. Beliau adalah Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia (Kom HAK KWI) dan saya sepuluh tahun terakhir ini melayani sebagai Ketua Kom HAK Keuskupan Agung Semarang.

Perjumpaan dengan para sahabat lama, para pastor, pendeta, kiai dan ulama serta tokoh-tokoh lintasagama itu selalu meneguhkan upaya membangun kerukunan dan peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agamanya. Kesempatan perjumpaan itu menjadi berkat bagiku dalam semangat membangun kerukunan bagi segenap warga bangsa.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Pembicaraan-pembicaraan bersama dalam kelompok internal maupun dalam sidang-sidang pleno bersama menjadi kesempatan untuk saling mengungkapkan gagasan, pengalaman, dan harapan membangun kerukunan. Berbagai gagasan dan pengalaman yang dibagikan pun membuka wawasan dan memperkaya kehidupan bersama dalam ketulusan, keterusterangan, kejujuran dan kegembiraan.

Perjumpaan dengan sahabat-sahabat baru dari berbagai tempat memberi semangat baru, bahwa kerinduan untuk membangun kerukunan bagi bangsa ternyata juga menjadi cita-cita kita bersama dari berbagai tempat seluas Nusantara ini. Pembicaraan demi pembicaraan, sidang demi sidang berlangsung dalam semangat damai, untuk saling memahami dan saling mengerti satu terhadap yang lain, Bahkan, tak jarang, diwarnai dengan canda dan tawa sebagai sesama saudari-saudara anak-anak bangsa Indonesia.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Itulah sharing pengalaman perjumpaan dengan para sahabat baik yang lama maupun yang baru dalam semangat memupuk dan merawat kerukunan untuk bangsa. Pengalaman-pengalaman itu semakin meneguhkan harapan siapa pun yang merindukan damai-sejahtera dalam kehidupan bersama.***

Sumber: refleksi pengalaman pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2650818961962434?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.