Inspiration

Wedang Srawung Persaudaraan Sejati

Seperti sudah saya singgung dalam tulisan yang diterbitkan UC Wemedia (Selasa, 31/1/2018), ada logo yang dipersiapkan Panitia dalam rangka Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda se-Keuskupan Agung Semarang. Srawung akan dilaksanakan dari Maret – September dan memuncak dalam syukur pada tanggal 26-28 Oktober 2018. Inilah logo tersebut dan keterangannya. Apa arti logo yang dipersiapkan oleh Gregorius Koko dan dipilih oleh Panitia?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Logo itu memuat dua gambar utama. Pertama, cangkir berisi wedang (minuman). Di masyarakat kita, duduk bersama dan wedangan merupakan salah satu media untuk srawung. Dalam konteks masyarakat Jawa, wedang dimaknai sebagai ngawe kadang (kerata basa, singkatan bermakna), yang artinya memanggil untuk persaudaraan. Minuman digambarkan dengan paduan dua tangan berwarna merah-putih, artinya dalam komunikasi dan relasi antar elemen yang ada di masyarakat, nilai kebangsaan, nasionalisme, cinta tanah air itu yang menjadi nyawa, menjadi roh dalam setiap perjumpaan. Tangan yang erat berdekatan, itulah yang seharusnya menjadi kekuatan kita. Saling membantu, saling bekerja sama, saling menguatkan satu sama lain sesama anak bangsa. Walaupun beraneka ragam tetapi semua tangan bisa didekatkan dan menjadi kekuatan hebat dalam semangat merah putih.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Gambar kedua berupa tulisan melingkar sambung-menyambung menjadi satu untuk menampilkan nama kegiatan yang akan menjadi rangkaian peristiwa. Kegiatan yang akan menjadi rangkaian peristiwa (dari Maret hingga Oktober 2018) itu berjudul “Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda 2018″ Tulisan disusun dengan formasi tertentu yang membentuk balon kata dengan huruf yang saling berkaitan satu sama lain dan menggunakan paduan warna merah-putih.

Bentuk balon kata, mengandung arti bahwa dalam setiap srawung, perjumpaan, pergaulan ada komunikasi yang terjadi di situ, ada dialog yang berkembang. Huruf yang saling berkaitan, mengandung arti bahwa jika ada perjumpaan, srawung, dan dialog akan mendekatkan satu sama lain, ada hal yang bisa dipersatukan, ada hal yang saling terkait dan beririsan satu sama lain. 

Paduan warna merah-putih, mengandung arti jika media srawung mempunyai roh cinta tanah air dan nilai-nilai kebangsaan, maka diharapkan pula setiap interaksi, dialog, dan komunikasi yang terjadi dalam lingkup persrawungan tersebut selalu dalam koridor cinta Tanah Air Indonesia.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Balon rangkaian huruf-huruf yang menjadi kata-kata menyusun kalimat “Persaudaraan Sejati Orang Muda 2018” itu bila dicermati juga berbentuk mirip gumpalan otak manusia. Itulah yang dirangkum dalam hastag rangkaian peristiwa srawung. Maknanya, srawung selalu menjadi bahan pemikiran kita bersama demi membangun peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agamanya. Srawung juga dimulai sejak dalam pikiran, dan selalu menjadi bahan pemikiran kita agar melahirkan kata-kata yang baik, positif, konstruktif, dalam semangat inklusif, inovatif dan transformatif.

Itulah makna logo Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda 2018 yang akan diselenggarakan oleh sinergi antara Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang (Kom HAK KAS) dan Komisi Karya Kepemudaan (KomKep) KAS dalam kerjasama dengan berbagai pihak dan komunitas yang tersebar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kom HAK KAS dan KomKep KAS bersinergi melaksanakan mandat yang dipercayakan oleh Dewan Karya Pastoral (DKP) KAS untuk penyelenggaraan Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda 2018 tersebut.

Srawung menjadi peristiwa laksana minum wedang dalam kebersamaan di tengah keberagaman. Wedang yang merupakan singkatan bermakna “ngawe kadang” itu berujung pada buah kerinduan membangun persaudaraan sejati. Itulah sebabnya, tulisan ini kuberi judul “Wedang Srawung Persaudaraan Sejati”.***

Sumber: refleksi pribadi atas nama Panitia Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda 2018.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2605087228444008?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.