Inspiration

Bela Rasa yang Membahagiakan Jiwa

Tahukah kita, bahwa kebahagiaan itu tersembunyi dalam praksis bela rasa? Maka saya menyimpulkan bahwa bela rasa itu membahagiakan jiwa. Mengapa?

Referensi pihak ketiga

Pertama, mari kita pahami, akar kata bela rasa. Kata bela rasa merupakan terjemahan dari kata Latin compassio (dari kata kerja cum + patire). Secara harafiah, kata compassio berarti menderita bersama atau menderita dengan. Dalam bahasa Inggris sering kita kenal dengan kata compassion.

Kedua, lalu mengapa, menderita dengan atau menderita bersama kok disebut membahagiakan jiwa? Ya, karena persis di situlah, kebahagiaan yang mengalir dari sikap bela rasa itu terjadi.

Referensi pihak ketiga

Ketiga, saat kita berada bersama dan dengan mereka yang sedang menderita, kita sedang menghayati bela rasa. Saat kita menyertai sesama kita yang sedang berkesusahan, saat itulah kita mengembangkan semangat berbagi yang membahagiakan. Mereka yang kita sertai dalam kehadiran kita diteguhkan, dikuatkan, dan dihibur. Itulah pengalaman jiwa yang mendatangkan kebahagiaan, tak hanya bagi sesama yang kita sertai, melainkan juga bagi jiwa kita sendiri.

Keempat, kebahagiaan yang mendalam dan sejati adalah kebahagiaan di saat kita bisa hadir dan berada bersama mereka yang menderita, berkesusahan, bingung, cemas, gelisah, bahkan takut. Di sanalah kita sedang mengembangkan sikap bela rasa yang membahagiakan jiwa.

Referensi pihak ketiga

Kelima, bela rasa yang membahagiakan jiwa itu kita alami bukan dalam hingar-bingar pesta pora, melainkan melulu dalam suatu kehadiran. Bahkan, mungkin kehadiran itu tanpa kata, tanpa bicara, tanpa alunan musik, tanpa lagu; melainkan dalam keheningan bela rasa yang menghadirkan kesetiakawanan dalam kelemahan, kesetiakawanan dalam keringkihan, kesetiakawanan dalam kerapuhan. Di sanalah akan mengalir bela rasa yang membahagiakan jiwa.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati.***

Sumber: refleksi pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3040084410275901?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.