Inspiration

Bersemangat Mewartakan Perdamaian dan Kerukunan Melalui Pameran Lukisan

Banyak cara untuk mewartakan perdamaian dan kerukunan. Salah satunya melalui pamerah lukisan. Seperti apakah persiapannya?

Lukisan ini diberi judul “Romo Budi dan Saksofon Perdamaian-Kerukunan” Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Saya terharu dan bersyukur melihat rekan-rekan sedemikian bersemangat dalam mempersiapkan diri untuk mewartakan perdamaian dan kerukunan melalui pameran lukisan. Inspirasi untuk pameran lukisan ini disampaikan oleh seorang pelukis bernama G Djoko Susilo. Saya menyambut baik gagasannya. Bahkan, kemudian diminta untuk menjadi penyelenggara.

Tema pameran lukisan adalah Perdamaian Palestina, Kerukunan Kita. Misinya adalah kemanusiaan. Kita membela kemanusiaan yang selama ini selalu menjadi korban setiap peperangan. Melalui pameran itu, kita juga mengekspresikan seni dan budaya dalam bentuk pentas seni, teatrikal, dan tentu, pameran lukisan.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Saya menyambut gagasan tersebut, mengemasnya, dan kemudian bekerjasama dengan berbagai pihak, terutama para seniman lukis untuk mewujudkan gagasan itu. Dengan tema Perdamian Palestina, namun pameran dilaksanakan di Pastoran Katolik. Tepatnya, Pastoran Universitas Katolik Soegijapranata, tempat saya sehari-hari tinggal saat ini.

Pentas seni akan dilaksanakan pada tanggal 21-25 Maret 2018. Targetnya, melibatkan 100 pelukis, atau sekurang-kurangnya menampilkan 100 lukisan. Bila jumlah pelukis yang terlibat 100 orang, maka, satu pelukis menampilkan satu lukisan sesuai dengan tema. Bila pesertanya kurang dari 100, sejumlah pelukis sudah siap untuk menggenapi menjadi 100 lukisan.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Perdamaian Palestina, Kerukunan Kita dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak bisa dilepaskan dari peranan Presiden Joko Widodo yang memiliki lobi tingkat tinggi di PBB, sehingga mendapatkan dukungan mayoritas terkait dengan Perdamaian Palestina dalam isu aktual saat ini. Namun, perdamaian di Palestina juga harus ditopang dengan kerukunan di antara kita.

Pameran akan dibuka pada hari Rabu (21/3/2018) dengan prosesi beberapa lukisan dari Pastoran menuju Jl. Pawiyatan Luhur IV/1 Bendan Dhuwur, lalu melintasi jalan utama Kampus Unika Soegijapranata dan kembali ke Pastoran. Acara prosesi akan ditandai dengan happening art, sesuai tema. Lalu diadakan pula pentas kesenian rakyat “Soreng” dan tarian Sufi. DIrencanakan, pembukaan akan dilakukan oleh Bapak Kapolda Jateng Irjen Drs Condro Kirono M.M. M.Hum bersinergi dengan Bapak Ketua DPRD Jateng, Rukma Setiabudi.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Selama hari-hari pameran yang dibuka dari pukul 10.00 – 16.30 WIB akan ditampilkan pula kesenian lain, baik berupa tarian maupun teater. Misalnya, akan ditampilkan pula tarian Nadrak – yang nyaris punah, penampilan musik Etnik, dan Teater TAHU dari Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata. Kecuali itu, pada hari penutupan (Minggu, 25/3) akan diselenggarakan pula lomba mewarnai lukisan dan melukis bagi anak-anak.

Para peserta pelukis diharapkan sudah memasukkan biodata dan foto hasil karya ke panitia paling lambat tanggal 22 Februari 2018 agar bisa dimasukkan ke dalam katalog yang dipersiapkan oleh panitita. Bagi yang belum mengirimkan biodata dan foto karya, masih dibuka kemungkinan untuk tetap ikut serta dalam pameran. Selama hari-hari pameran, beberapa pelukis juga siap untuk “demo” melukis wajah siapa pun yang mau dilukis. Hingga saat ini, sudah terdaftar puluhan pelukis dari Semarang (Kota dan Kabupaten), Ambarawa, Salatiga, Boyolali, Solo, Jakarta, Yogya, Karanganyar, Magelang dan Surabaya.

Seluruh karya yang masuk baik di katalog maupun di saat pameran akan dikuratori oleh Donny Danardono dan budayawan Prie GS. Termasuk Donny akan memandu proses jalannya diskusi atas lukisan yang dipamerkan pada hari penutupan pameran.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Begitulah pameran lukisan yang diselenggarakan sinergi antara Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang bekerjasama dengan Universitas Katolik Soegijapranata dan The President University of Cikarang ini dipersiapkan. Semoga dapat berjalan sesuai dengan harapan demi terwujudnya Perdamaian Palestina dan Kerukunan Kita di Tanah Air Indonesia.

Hadir dalam rapat persiapan di Pastoran Unika pada hari Selasa, 20/2/2018: Soetikno MA (ketua panitia), Lukas Awi Tristanto, Agung, Sindajanty, Wijaya (Tim Kom HAK KAS), Anda (FHK Unika Soegijapranata), Devi, Kurnia, Bagas (Unika), Renggo, Totok, Ireng, Haris (seniman lukis dan tim Sanggar Gedongsongo Ungaran), dan Indra (properti). Mereka bersemangat mewartakan perdamaian dan kerukunan melalui pameran lukisan. Pameran dan pentas seni serta teater ini dibingkai dalam semangat membangun peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agamanya.***

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/293404700505513?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.