Inspiration

Pelangi Itu Tanda Perjanjian Kasih-Nya

Di masa kecil kita diajari bernyanyi lagu ini. Pelangi-pelangi, alangkah indahmu. Merah kuning hijau, di langit yang biru. Pelukismu agung, siapa gerangan. Pelangi-pelangi, ciptaan Tuhan. Apa maknanya bagi kita?

Orisinil. Sumber dari youtube.com. Diunggah oleh Adji Darmawan pada tanggal 9 Agustus 2016.

Di youtube terdapat berbagai varian unggahan lagu Pelangi-Pelangi. Saya tertarik dengan yang diunggah oleh Adji Darmawan pada tanggal 9 Agustus 2016. Itulah yang kemudian kupergunakan sebagai ilustrasi untuk tulisan ini.

Bagiku, pelangi Itu ternyata tanda Perjanjian Kasih Allah bagi segenap umat manusia. Dikisahkan dalam Kitab Kejadian 9:8-15, sesudah air bah terjadi, berfirmanlah Allah kepada Nabi Nuh, “Camkanlah, Aku mengadakan perjanjian dengan kamu dan dengan keturunanmu, dan dengan segala makhluk hidup yang ada besertamu, yakni burung-burung, ternah dan binatang-binatang liar di bumi, segala yang keluar dari bahteramu, segala binatang di bumi.”

Lebih lanjut Allah berfirman, “Kuadakan perjanjian-Ku dengan kamu, bahwa sejak kini segala yang hidup takkan dilenyapkan oleh air bah lagi dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi.”

Referensi pihak ketiga

Lagi, Allah berfirman, “Inilah tanda perjanjian yang Kuadakan antara Aku dan kamu serta segala makhluk hidup yang ada sertamu, turun-temurun untuk selamanya: Busur-Ku akan Kutempatkan di awan sebagai tanda perjanjian antara Aku dan bumi. Apabila kemudian Kudatangkan awan di atas bumi dan busur itu tampak di awan, maka Aku akan mengingat perjanjian-Ku yang telah Kuadakan dengan kamu dengan segala makhluk yang hidup, segala yang bernyawa, sehingga segenap air tidak lagi menjadi air bah untuk memusnahkan segala yang hidup.”

Begitulah kisah awal mula dan permenungan tentang pelangi di langit. Ternyata pelangi adalah tanda perjanjian kasih Allah kepada bumi dan seisinya, terutama umat manusia. Busur perjanjian itu tampak sebagai pelangi yang indah dan mendatangkan berkah.

Referensi pihak ketiga

Karenanya, setiap melihat pelangi di langit, baiklah kita seketika mengingat bahwa di balik pelangi itu ada Allah, Sang Pencipta Langit dan Bumi, yang telah menyatakan perjanjian kasih-Nya kepada kita. Itulah makna pelangi bagi kita dalam perspektif rohani.

Pelangi tak hanya menyimpan keindahan alam, melainkan kemuliaan dan keluhuran kasih Allah bagi kita, umat manusia. Semoga pelangi tanda perjanjian kasih Allah bagi kita selalu terbentang di langit-langit kehidupan kita, sehingga setiap saat, kita pun selalu ingat betapa perjanjian kasih-Nya telah dinyatakan kepada kita. Perjanjian kasih-Nya sebagaimana ditandakan dalam pelangi kehidupan kita berisi janjia perlindungan, penjagaan, dan penyelamatan yang dianugerahkan kepada kita, apa pun agama dan keyakinan kita.

Terima kasih. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati.***

Sumber: refleksi pribadi atas Kejadian 9:8-15. Terbantu oleh youtube.com unggahan Adji Darmawan, 9 Agustus 2016.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4344860550645696?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.