Inspiration

Pentingnya Pengampunan dalam Kehidupan

Di tengah kehidupan yang kerap ditandai oleh kekerasan, kebencian dan perselisihan, kita sadari betapa pentingnya pengampunan. Arti penting pengampunan dalam kehidupan merupakan bagian utama dari setiap agama apa pun. Apa itu pengampunan?

Referensi pihak ketiga, ibccogca.wordpress.com

Pengampunan itu laksana dokter yang menyembuhkan orang sakit. Seorang dokter tidak datang untuk orang yang sehat, melainkan untuk orang yang sakit. Pengampunan diperlukan, bukan oleh orang-orang yang merasa diri benar, saleh dan suci; melainkan bagi kita orang-orang yang rapuh, ringkih, lemah dan berdosa.

Tentu, pengampunan pertama-tama selalu datang sebagai anugerah dari Allah. Allah memanggil semua orang masuk ke dalam kerahiman-Nya yang mengampuni dan menyelamatkan. Pengampunan adalah semacam pelukan Allah bagi kita orang yang rapuh, ringkih, lemah dan berdosa. Pelukan itu tak hanya memberikan kehangatan, melainkan kesembuhan dan keselamatan.

Allah hadir dengan pelukan kerahiman-Nya untuk semua umat manusia yang membutuhkan penebusan dan penyelamatan. Dosa yang berbuah pada kekerasan, kejahatan dan perselisihan bisa amat membelenggu kehidupan bersama.

Dosa membuat manusia dibelenggu oleh hasrat jahat bahkan melalui tindakan-tindakan yang menghadirkan ketakutan, kecemasan dan teror dalam kehidupan. Namun, orang-orang yang percaya kepada kerahiman Allah, tetap bisa membangun pengharapan, apa pun agamanya, bahwa kasih kerahiman Allah melalui pengampunan jauh lebih kuat dan lebih besar dari kelemahan dan dosa yang berwajah pada kejahatan dan ketakutan.

Satu hal yang dibutuhkan untuk bisa mengalami pengampunan dari Allah Yang Maharahim adalah kerendahan hati untuk bertobat. Allah hadir untuk semua orang berdosa dab membentangkan panggilan-Nya bagi kehidupan manusia untuk bertobat. Melalui kehadiran-Nya yang penuh kerahiman, semua diubah oleh anugerah, cinta dan rahmat pengampunan-Nya. Allah berkenan menjangkau semua orang dan mengampuni semua orang.

Tentunya, pengampunan hanya bisa datang dari kasih kerahiman Allah semata dan mendorong semua yang mengalami pengampunan-Nya untuk juga saling mengasihi dalam kehidupan bersama. Inilah arti penting pengampunan dalam kehidupan, yakni mengubah ketakutan menjadi keberanian, kedukaan menjadi kebahagiaan, perpecahan menjadi persatuan; kecemasan menjadi keceriaan, kejahatan menjadi kebaikan.

Namun kita juga menyadari, betapa sulitnya kita memaafkan, apalagi memberikan pengampunan sebagaimana Allah mengampuni kita. Maka baiklah kita memohon bantuan-Nya agar kita mampu untuk memaafkan dengan sepenuh hati orang-orang yang bersalah kepada kita. Kita mohon bantuan Allah agar kita mampu untuk mencintai orang-orang yang melakukan kekerasan, yang menyakiti kita, berdoa untuk mereka dan berbuat baik untuk mereka.

Semoga kita pun menjadi bukti pentingnya pengampunan dalam kehidupan kita. Kita mohon rahmat agar bisa terus berusaha tanpa henti memberikan solusi damai sejahtera atas perang, kebencian, perpecahan, dan diskriminasi kepada dunia. Semoga kita mendapat pertolongan dari Allah untuk mengerti arti penting pengampunan dalam kehidupan dan kita pun dimampukan untuk memaafkan dan mengampuni sesama dalam kehidupan kita. Tuhan memberkati.***

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Lukas 5:27-32

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3795930715661285?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.