Inspiration

Lima Cara Menyembuhkan Luka Batin Agar Kita Bisa Berdamai Dengan Masa Lalu Kita?

Bagaimana cara menyembuhkan luka batin (inner healing) agar kita bisa berdamai dengan masa lalu kita? Dari pengalaman saya, lima cara menyembuhkan luka batin ini sangatlah penting untuk dipraktekkan agar kita bisa berdamai dengan masa lalu kita. Apa saja?

Referensi pihak ketiga; dari spreadjesus.org

Pertama, dengan tenang dan jujur, kita cari penyebab luka batin itu. Bisa jadi, penyebab luka batin itu adalah seseorang yang kita kenal. Maka, cara menyembuhkannya adalah dengan memaafkan dia, bahkan mengampuninya. Biasanya, dengan tenang dan jujur, saya bayangkan wajahnya dan saya bawa dalam doa untuk memaafkannya.

Kedua, menyadari bahwa dalam hidup ini kita tidak akan bebas dari pengalaman sakit hati, terluka dan marah. Selalu akan ada orang-orang tertentu yang berbuat salah kepada kita. Bahkan, sebaik apa pun seseorang, akan ada orang lain yang tidak senang. Sebaliknya, sejahat apa pun seseorang di mata kita, toh ada juga yang senang padanya. Itulah keseimbangan hidup ini. Karenanya, penting banget menyadari bahwa kita tidak sendirian dalam menanggung rasa sakit hati, terluka dan marah.

Referensi pihak ketiga dari www.thechristianmeditator.com

Ketiga, hadapilah rasa sakit hati, keterlukaan, dan kemarahan itu dengan tetap tenang, bahkan dalam senyum, sekalipun senyum yang paling kecut. Namun senyum kecut itu akan berubah menjadi senyum manis saat kita bisa menghadapinya dengan ikhlas, meski awalnya sangat berat.

Keempat, akuilah dengan jujur bahwa sedang sakit hati, terluka dan marah. Namun, kita tidak perlu terprovokasi oleh rasa sakit hati, luka dan kemarahan itu. Apalagi, terprovokasi oleh penyebab rasa sakit hati, luka dan kemarahan itu.

Akhirnya, di atas semuanya itu, serahkanlah dan persembahkanlah rasa sakit hati, luka dan kemarahan itu kepada Tuhan Yang Maha Rahim. Kalaupun kita belum mampu memaafkan dan apalagi mengampuni orang yang bersalah kepada kita; mari kita mohon pertolongan Tuhan agar Tuhan mengampuninya.

Referensi pihak ketiga dari www.slideshare.net

Semoga lima langkah ini membantu kita dalam menyembuhkan luka batin kita. Dengan demikian, kita pun akan bisa berdamai dengan masa lalu kita, berdamai dengan luka-luka batin kita, dan berdamai dengan penyebab luka batin itu.

Pasti tidak mudah. Namun, dari pengalaman saya, yang tidak mudah itu tidak berarti tidak mungkin untuk kita lakukan. Anda akan mengalami kelegaan saat menemukan kebenaran lima cara menyembuhkan luka batin itu telah membuat Anda berdamai dengan masa lalu Anda.

Selamat mencoba. Terima kasih. Tuhan memberkati.***

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2682792286025842?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.