Inspiration

Tetap Bersemangat Membangun Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama

Sahabat peradaban kasih UC We-Media yang terkasih, di tengah situasi kehidupan kita yang kadang dientak oleh letupan-letupan intoleran dari segelintir oknum, kami tetap bersemangat membangun Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama se-Keuskupan Agung Semarang yang akan kami laksanakan sejak Maret 2018 dan akan memuncak pada tanggal 26-28 Oktober 2018 mendatang. Dalam semangat srawung itulah, maka, pada hari Rabu (28/2/2018), kami mengadakan rapat bersama dengan orang muda lintas agama yang siap mendukung terselenggaranya Srawung Persaudaraan Sejati Lintas Agama tersebut.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Semakin banyak yang siap untuk terlibat, semakin proses Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama ini memberikan kegembiraan bagi orang muda dalam keberagaman. Itulah yang saya sampaikan sebagai pengantar dalam pertemuan ini. Kepada kaum muda lintas agama yang hadir, yang siap menjadi panitia bersama di berbagai kota (Solo, Semarang, Yogya dan Kedu), saya bagian harapan dan kegembiraan bahwa srawung itu sangatlah mungkin dan menjadi tugas perutusan kita semua.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Tak perlu pula kita menjadi takut untuk berbuat baik dalam kebersamaan dan keberagaman dalam sikap saling hormat satu terhadap yang lain. Kita semua hidup dalam bingkat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Itulah dasar konstitusional kita sebagai anak-anak bangsa dalam memberikan kontribusi positif demi terwujudnya hidup yang rukun dan damai sebagai bagian nyata dari peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama kita.

Rapat yang diselenggarakan di Wisma Salam ini dibuka oleh Romo Heribertus Budi Purwantoro, Ketua OC Panitia Srawung Persaudaraan Sejati; lalu kesempatan diberikan kepadaku untuk menerangkan latar belakang, tujuan dan gambaran tentang Srawung Persaudaraan Sejati tersebut. Sesudah itu, Romo Martinus Joko Lelono memberikan gambaran tentang bagaimana Srawung Persaudaraan Sejati yang memuncak pada bulan Oktober 2018 itu akan dimulai melalui berbagai kegiatan Pra-Event yang dilaksanakan di sekurang-kurangnya empat kota besar sebagaimana sudah saya sebutkan tadi. Pada kesempatan ini, Romo Inug SJ juga memberikan gambaran dan peneguhan bahwa kita tetap gembira dan tidak takut untuk terus maju membangun persaudaraan sejati.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Sebagai Ketua SC Kepanitiaan ini, saya sungguh bersyukur dan bahagia melihat rekan-rekan muda lintas agama yang hadir dalam pertemuan persiapan ini. Pertemuan ini pun sudah berwarna lintas agama. Bagiku, inilah awal yang yang baik yang semoga menjadi jalan menuju Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama bersama orang muda yang gembira dan bersaudara dalam keberagaman.

Demikian, semoga bermanfaat. Salam persaudaraan sejati yang merupakan bagian dari peradaban kasih bagi kita semua di mana pun berada. Terima kasih. Tuhan memberkati.***

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/163186316951633?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.