Inspiration

Tali Persahabatan Itu Mengalir Terus-Menerus Dari Habib Luthfi Ke Habib Ali Zaenal Abidin

Sahabat Peradaban Kasih UC We-Media yang terkasih, artikel ini berisi catatan reflektif atas kehadiranku dalam acara Haul Habib Hasan bin Thoha bin Muhammad bin Yahya. Haul dilaksanakan di Makam Habib Hasan bin Thoha bin Muhammad bin Yahya di Jl Duku, Lamper Kidul, Semarang (Kamis (1/3/2018). Di sanalah, saya mengalami tali persahabatan yang terus mengalir, dari Al Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya ke menantu beliau, yakni Habib Ali Zaenal Abidin. Seperti apakah narasi reflektifnya?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Saya tiba di lokasi pukul 19.30 WIB, sendirian. Saya langsung diantar ke tempat transit di dekat panggung. Para peserta haul dari berbagai daerah sudah berdatangan. Jalan dari Pasar Kambing menuju ke arah Lamper Selatan ditutup hingga perempatan berikutnya. Pasti, seperti biasanya, setiap kali ada acara yang dihadiri oleh Habib Luthfi – begitu panggilan akrab Al Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya – peserta berlimpah ruah belasan hingga puluhan ribu jamaah. Bahkan, mereka cukup hanya dengan menyaksikan penampilan Habib di layar karena tidak bisa melihat langsung dari dekat. Itu sudah diterima sebagai berkat.

Tibalah acara ketika Habib Ali Zaenal Abidin memimpin sholawat Nabi Muhammad SAW, saya bergabung di atas panggung. Sudah hadir di sana Bapak Kapolda Jateng, Irjen Drs. Condro Kirono MM.M.Hum, Bapak Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si serta para tamu undangan lain, termasuk rombongan dari Kraton Ngayogjakarta Hadiningrat. Saya menyalami para tamu satu per satu dan kemudian duduk di samping Habib Ali Zaenal Abidin. Seperti biasa saat berjumpa, kami tak hanya bersalaman melainkan juga cipika-cipiki persahabatan dalam kasih keberagaman.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

“Abah di mana?” tanyaku kepada sang menantu Habib Luthfi. “Ada di ruang transit dulu. Nanti baru ke sini,” jawab sang menantu. “Romo selalu sehat ya!” lanjutnya dan kujawab, “Alhamdulillah, sehat. Demikian juga Habib Bidin, selalu sehat ya.”

Itulah ungkapan-ungkapan sederhana persahabatan yang mengalir, dari persahabatanku dengan Al Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya dan mengalir pula dalam persahabatan dengan sang menantu, yakni Habib Ali Zaenal Abidin. Sesudah itu, kami berdua selfie, sebagaimana tampak dalam foto yang menjadi ilustrasi tulisan ini.

Begitulah, tali persahabatan itu terus dibangun, mengalir terus-menerus dalam setiap kesempatan. Persahabatan dalam konteks peradaban kasih tak cukup hanya dibangun sekali lalu usai, melainkan harus terus-menerus dan tanpa mengenal lelah dengan segala bentuk dan dalam berbagai kesempatan.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Saya pribadi bersyukur bahwa persahabatan dengan Al Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya tidak mandeg hanya dalam persahabatan dengan beliau, melainkan juga mengalir kepada Habib Ali Zaenal Abidin, menantu beliau. Perjumpaan demi perjumpaan membuat tali persaudaraan semakin kokoh dan kuat, bukan untuk siapa-siapa, melainkan untuk mewujudkan peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan berima, apa pun agamanya. Itulah juga yang selalu diwartakan oleh Habib Luthfi maupun Habib Bidin – begitu Habib Ali Zaenal Abidin akrab dipanggil. Mereka selalu mewartakan kecintaan pada NKRI, menjaga Pancasila, dan merawat Bhinneka Tunggal Ika.

Demikian, catatan singkat reflektif atas peristiwa perjumpaan dengan Habib Ali Zaenal Abidin, menantu Al Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya. Di situlah tali persahabatan mengalir terus-menerus. Semoga menginspirasi siapa saja yang hendak membangun tali persahabatan dalam keberagaman.

Salam peradaban kasih. Salam ketawa. Terima kasih Tuhan memberkati.***

Kampus Ungu, 2/3/2017.

Sumber: refleksi pribadi atas perjumpaan dengan Habib Ali Zaenal Abidin, menantu Al Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya di Jl. Duku, Lamper Kidul, Semarang.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4433056039023868?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.