Inspiration

Polisi Gadungan, Waspadalah Atas Kejahatan Ini!

Sahabat Peradaban Kasih UC We-Media yang terkasih, sesungguhnya saya sangat heran atas kejahatan ini. Berani-beraninya ada yang mengaku sebagai polisi, tetapi ternyata polisi gadungan. Karenanya, waspadalah atas kejahatan ini.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – bersama Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Condro Kirono MM, M.Hum

Bagaimana sikap Anda menghadapi kejahatan ini? Saya sendiri, sangat tidak rela bahwa Korps POLRI dinodai oleh kejahatan oknum yang mengaku polisi, namun ternyata polisi gadungan. Selama ini, saya dekat dan mengenal banyak anggota POLRI yang sangat baik dan berdedikasi tinggi dalam mengabdi masyarakat.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kebetulan, selama tiga belas tahun bertugas di wilayah Semarang, baik Kota maupun Kabupaten, saya banyak bekerja sama dengan sangat bagus dengan Bapak/Ibu Polisi. Komunikasi kami baik, tak hanya terkait dengan keamanan, tetapi juga terkait dengan pelayanan dan kerukunan umat. Pada periode tertentu, saya bahkan turut aktif menjadi anggota Supeltas (Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas) pada era Kapolda Jateng mendiang Bapak Alex Bambang dan Kapolrestabes Bapak Agustinus Agus Suryo Nugroho.

Sekarang ini, komunikasi dan kerja sama saya dengan Bapak Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs. Condro Kirono MM, M.Hum saya rasakan sangat bagus. Kami banyak saling berkomunikasi dalam rangka kerukunan umat dan perdamaian dunia. Beliau sangat welcome dan rendah hati, juga komunikatif. Padahal saya hanyalah salah satu warga masyarakat biasa, yang seturut penyelenggaraan Tuhan dipanggil dan diutus menjadi Pastor Katolik. Namun beliau tidak membeda-bedakan.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Inilah yang membuat saya sangat tidak rela dan marah, saat ada oknum yang mengaku sebagai polisi tetapi ternyata polisi gadungan. Pernah suatu hari, ada yang menelpon saya mengaku polisi yang akan melakukan pengadaan mobil dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru. Lalu sang penelpon menyembut angka tertentu agar ditransfer ke rekeningnya. Saya langsung katakan kepada yang bersangkutan: Saya tidak percaya bahwa anda sungguh-sungguh polisi. Pasti anda sedang melakukan kejahatan menjadi polisi gadungan. Silahkan langsung datang ke sini dan saya akan ajak anda ketemu Bapak Kapolda kami. Creg…, telpon langsung ditutup oleh yang bersangkutan dan tidak berkabar lagi.

Apa pun modusnya, kalau ada yang mengaku sebagai polisi, tetapi ternyata dia polisi gadungan, jangan sungkan untuk bersikap tegas. Saya juga heran bahwa ada oknum yang tega merusak citra sosok polisi dengan mengaku-aku sebagai polisi padahal dirinya bukan polisi.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Barangkali, kadang-kadang kita berjumpa dengan satu dua polisi yang tidak sesuai dengan harapan kita, namun sebagian besar pengalaman saya membuktikan bahwa saya jauh lebih banyak mengenal dan bersahabat dengan para polisi yang baik hati, yang ramah, yang profesional menjalankan tugasnya. Itulah kebanggaan saya dan kita bersama. Syukur kepada Allah.

Terima kasih kepada Bapak Polisi di negeri ini, yang berhasil hadir mengayomi warga masyarakat dengan penuh kasih, profesional dan ramah. Ini bukan isapan jempol. Semoga citra ini semakin dihadirkan oleh semua anggota POLRI di seluas Nusantara ini. Selamat bertugas. Berkat Tuhan selalu berlimpah.

Semoga Anda pun memiliki pengalaman yang baik dengan para anggota POLRI kita, dan tidak mengalamai kejahatan dari polisi gadungan. Kalau Anda mengalaminya, langsung laporkan kepada polisi terdekat, atau sampaikan kepada saya, nanti saya teruskan kepada Bapak Irjen Pol Drs. Condro Kirono MM, M.Hum. Selama ini, beliau langsung merespon dengan baik!

Demikian, semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati!***

Johar Wurlirang, 16/3/2018

Sumber: refleksi pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1723399971149928?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.