Inspiration

Seperti Gayung Bersambut, Tetap Semangat Merajut Perdamaian

Sahabat Peradaban Kasih UC We-Media yang terkasih, seperti gayung bersambut, tetap semangat merajut perdamaian; begitulah saya memberi kesimpulan atas perjumpaan saya dengan rekan-rekan jurnalis yang tadi hadir dalam press conference dalam rangka persiapan akhir menuju Pameran Lukisan: Perdamaian Palestina, Kerukunan Kita (Senin, 19/3/2018 dari pukul 13.00 – 15.00 WIB.

Referensi pihak ketiga

Seperti gayung bersambut, tetap semangat merajut perdamaian! Sejumlah rekan jurnalis yang juga mengembangkan peace-journalism hadir memenuhi undangan saya dalam rangka berbagi kisah tentang Pameran Lukisan: Perdamaian Palestina, Kerukunan Kita.

Referensi pihak ketiga

Ada tiga gelombang kehadiran. Pertama, Mas Mustholih dari Metro News dan Mas Aris dari Suara Merdeka. Kami langsung berbagi kisah tentang rencana pameran lukisan itu. Selain berbagi gagasan, latar belakang dan hal-hal seputar pameran lukisan sebagaimana sudah saya tulis dan diterbitkan di UC We-Media ini (lihat artikel berjudul “Pameran Lukisan, Perdamaian Palestina Kerukunan Kita, Mengapa?” terbit 2018/03/19 12:30 di laman tz.ucweb.com/3_4akix ini); saya juga mempertemukan mereka dengan beberapa pelukis yang juga menjadi panitia, yakni MA Soetikno, Basuki Ebbes dan Totok.

Referensi pihak ketiga

Sesudah itu, datang Haris dari Sonora dan dua rekan jurnalis dari Majalah Salam Damai. Maaf, untuk pasangan cowok-cewek muda dari Salam Damai saya lupa bertanya nama. Sebab, mereka berdua baru kali ini berjumpa dengan saya sehingga mohon maaf, saya belum kenal. Sekali lagi mohon maaf dan sangat banyak terima kasih atas kehadirannya bergabung dalam press conference tentang Pameran Lukisan: Perdamaian Palestina, Kerukunan Kita. Saya katakan kepada mereka, saya selalu bahagia setiap kali melihat dan berjumpa dengan anak muda yang mau terlibat dalam karya jurnalistik.

Referensi pihak ketiga

Gelombang ketiga datang rombongan Mas Fariz dari Metro Jateng, Mas Ade dari Merdeka.com; Mas Yuda dari Solo Pos, dan Mas Tunggul dari Jawa Pos. Mereka datang agak bersamaan, lalu kami saling berdialog dengan Pameran Lukisan: Perdamaian Palestina, Kerukunan Kita. Kepada mereka saya bagikan teks press-release yang sudah saya persiapkan dan digandakan oleh Mas Lukas Awi Tristanto, Sekretaris Komisi HAK KAS dan Redpel Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan (terbit sejak Agustus 2004 hingga hari ini, setiap bulan).

Referensi pihak ketiga

Saat berbincang dengan Mas Mustholih dan Mas Aris dan Mas Haris yang menyusul kemudian, kami melakukannya di garasi, yang sudah disetting menjadi salah satu ruang pameran dengan sejumlah lukisan ukuran besar. Lalu kami berpindah ke ruang makan, sebab kepada mereka semua yang hadir, kami siapkan makan siang ala kadarnya. Makan siang sekadar penanda kebersamaan dalam semangat yang sama, gayung bersambut, tetap semangat merajut perdamaian.

Referensi pihak ketiga

Sesudah itu, kami melihat-lihat beberapa lukisan yang sudah terpasang dan ditata oleh rekan-rekan panitia. Beberapa foto yang menjadi ilustrasi tulisan ini merupakan hasil jepretan Mas Lukas Awi dari Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan; Mas Aris dari Suara Merdeka dan Mas Fariz dari Metro Jateng.

Referensi pihak ketiga

Demikian, semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih bagi kita semua. Terima kasih. Semoga pameran lukisan berjalan lancar, semua yang terlibat diberkati Tuhan dan perdamaian bagi Palestina semakin terwujud, demikian pula kerukunan di antara kita. Tuhan memberkati.***

Johar Wurlirang, 19/3/2018

Sumber: refleksi pribadi atas perjumpaan dengan rekan-rekan jurnalis dalam press conference Pameran Lukisan: Perdamaian Palestina, Kerukunan Kita. Sumber foto: dari hasil jepretan Lukas Awi Tristanto, Aris, dan Fariz yang dikirimkan kepada saya, dan atas seijin mereka saya pergunakan untuk ilustrasi tulisan ini.

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/245568849178220?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.