Inspiration

Semangat Melayani Dengan Inspirasi Gembala Beraroma Domba, Apa Maksudnya?

Sahabat Peradaban Kasih UC News yang terkasih. Hari Selasa (3/4/2018), untuk kedua kalinya, saya melayani syukuran pesta nama pelindung gedung yang menjadi bagian sivitas akademika Unika Soegijapranata Semarang. Pertama kalinya terjadi 7 Maret 2018 di Gedung St. Thomas Aquinas. Kedua kalinya terjadi pada hari Selasa, 3 April 2018 di Gedung Richardus Center Language Training (CLT). Peristiwa ini merupakan tawaran inovasi disruptif saya kepada mereka. Di balik tawaran itu saya belajar menghayati spiritualitas gembala beraroma domba. Apa maksudnya?

Referensi pihak ketiga

Semangat pelayanan ini terinspirasi oleh pesan Paus Fransiskus agar para imam melayani umat laksana gembala yang beraroma domba (Evangelii Gaudium 24). Maksudnya adalah agar para imam mau menyapa dan menjumpai umat di tempat ia berkarya sesuai situasi dan kondisinya. Tanggal 3 April merupakan peringatan Santo Richardus (1197-1235). Richardus menjadi nama Gedung dan Karya Pelayanan Unika Soegijapranata. Itulah sebabnya, Perayaan Ekaristi yang biasanya dilaksanakan di Kapel Ignatius kita pindah di Gedung Richardus.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – foto bersama sesudah Misa Pesta Nama Pelindung CLT

Perayaan Ekaristi dilaksanakan dalam Bahasa Inggris sesuai dengan konteks CLT. Lagu-lagu, bacaan, doa, dan semuanya dipersiapkan dalam bahasa Inggris. Khusus homili, Blasius Pandit Danardana, Direktur CLT yang menjemputku, memintaku menggunakan bahasa Indonesia. Padahal saya sudah siap berhomili dalam bahasa Inggris pula hahaha.

Referensi pihak ketiga

Perayaan berjalan mengasyikkan, dalam kegembiraan. Meski jarak antara ruang kerjaku di Unika Soegijapranata dengan Gedung Richardus CLT lumayan jauh, saya tetap bersemangat melayani mereka.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – membatu Pandit memotong tumpeng syukur pesta nama pelindung CLT: Richardus

Misa syukur pesta nama pelindung gedung CLT saya laksanakan dengan menggunakan bahasa Inggris. Kesempatan ini merupakan kunjungan kedua saya ke CLT semenjak saya bertugas melayani Unika Soegijapranata. Semoga dengan cara itu, saya pun belajar mengenal umat saya di CLT, laksana gembala beraroma domba. Semakin dekat dengan umat yang kulayani di mana pun berada.

Referensi pihak ketiga

Demikian sharing pengalaman melayani laksana domba beraroma doma sesuai inspirasi Paus Fransiskus. Semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 3/4/2018.

Sumber: refleksi pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3882523618991564?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.