Inspiration

Dahsyat! 3 Kata Kunci Inspiratif Dalam Menyikapi Pengalaman Penderitaan dan Kekerasan

Sahabat Peradaban Kasih UC News terkasih. Inilah tiga kata kunci inspiratif yang pasti membantu kita dalam menyikapi berbagai pengalaman penderitaan dan kekerasan yang kita alami di dunia ini. Ketiga kata kunci itu telah menginspirasi tak hanya jutaan, melainkan mirlaran orang di seluruh dunia yang selama ini membaca tulisan Henri J.M. Nouwen. Tiga kata kunci itu pulalah yang diusulkannya dalam rangka menyikapi berbagai pengalaman penderitaan dan kekerasan dunia. Apa saja?

Referensi pihak ketiga

Pertama, kasih. Kasih pertama-tama yang bersumber dan berakar pada Tuhan sendiri yang sifatNya Maha Pengasih dan Penyayang kepada seluruh umatNya tanpa diskriminasi. Kasih itulah yang membuat kita diteguhkan dalam menyikapi penderitaan dan kekerasan di dunia ini. Kasih adalah perintah utama semua agama yang memberikan daya kekuatan saat kita mengalami penderitaan dan kekerasan.

Referensi pihak ketiga

Kedua, damai. Damai adalah kebersamaan hidup dengan siapa pun tanpa merasa terancam, tanpa ketakutan, tanpa kemarahan, dan tanpa kecemasan bahkan di saat kita mengalami berbagai macam tantang, kesulitan, penderitaan dan kekerasan. Damai bukan soal rasa-perasaan melainkan pengalaman tetap teguh dalam kasih kepada siapa pun dalam situasi apa pun (mengacu pada kata kunci yang pertama).

Referensi pihak ketiga

Ketiga, penyembuhan. Ini merupakan buah dari kata kunci yang pertama (kasih) dan kedua (damai). Kasih dan damai selalu membawa penyembuhan saat kita mengalami penderitaan dan kekerasan. Penyembuhan oleh kasih dan damai tidak datang dari luar diri kita, melainkan bertumbuh dari kedalaman jiwa kita.

Referensi pihak ketiga

Itulah tiga kata kunci yang inspiratif yang membantu kita dalam menyikapi, mengelola dan menghadapi setiap penderitaan dan kekerasan yang mudah terjadi di tengah kehidupan kita. Itu ternyata menjadi persoalan sepanjang zaman yang akan terus ada. Namun tak perlu takut, cemas, khawatir dan putus asa, sebab kasih dan damai akan memberikan penyembuhan bagi kita dan melalui kita terhadap sesama dan semesta!

Referensi pihak ketiga

Menarik bukan? Maka, tak usah repot, cukup tiga kata itu, resapkan, hayati, dan lakukan! Dengan itu pula, peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan beriman – apa pun agama dan kepercayaannya – akan terus terwujud di antara kita. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua. ***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 25/4/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi oleh Henri J.M. Nouwen. Peacework, Prayer, Resistence, Community, (Orbis Books, 1998)

Sumber
http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1618815238208225?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.