Inspiration

Inspiratif! Ramadhan Menghadirkan Kehidupan Bersama Yang Berrahmat, Damai, Dan Sejahtera

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Tak lama berselang, Bulan Ramadhan akan datang. Artikel ini berisi refleksi tentang Ramadhan Suci, namun bukan dalam soal-soal material (kurma, pakaian, dan barang) melainkan sosio-spiritual (damai, rukun, bersaudara). Unik dan inspiratif karena kutulis dalam perspektif Katolik. Kok bisa sih? Kita simak yuk.

Referensi pihak ketiga

Pertama, meski saya seorang Katolik, bahkan seorang pastor; namun setiap memasuki Bulan Ramadhan, saya selalu mengalami inspirasi rohani yang nyata. Ramadhan Suci selalu menghadirkan Islam sebagai rahmatan lil alamin dalam hidupku. Gereja Katolik mengajarkan kepada umatnya sikap hormat terhadap umat Islam juga dalam hal puasa di bulan Ramadhan. Dengan tulus hati Gereja Katolik menghargai Ramadhan dan puasa sebagai bagian iman umat beragama Islam. 

Referensi pihak ketiga

Kedua, setiap tahun, saat memasuki Ramadhan Suci dan nanti Hari Raya Idul Fitri (Lebaran), Vatikan selalu menuliskan pesan perdamaian dan ucapan selamat atas Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Indah bukan? Bahkan di awal masa kepausannya, Paus Fransiskus menulis dan menandatangani sendiri pesan perdamaian dan kerukunan itu.

Ketiga, saya sendiri, memiliki pengalaman positif atas bulan Ramadhan dan Idul Fitri dalam suasana damai dan rukun sejak masih kanak-kanak hingga saat ini. Sebagai Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang, saya selalu berkeliling memberikan ucapan selamat kepada para guru dan sahabat dalam rangka kerukunan dan damai hidup bersama.

Referensi pihak ketiga

So girls and guys, bagiku, Ramadhan Suci selalu menghadirkan rahmat dan damai kehidupan bersama, meski Ramadhan Suci adalah bulan istimewa bagi Umat Islam. Ini adalah pengalaman nyata sesuai ajaran Gereja Katolik. Indah bukan?! Marhaban ya Ramadhan! Selamat menunaikan Ibadah Puasa dan Perdamaian di Bulan Suci Ramadhan 2018 M/1439 H bagi para sahabatku yang beragama Islam.***

JohArt, 8/5/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4367500545659229?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.