Inspiration

5 Pernyataan Dan Refleksiku Atas Teror Bom Di Surabaya, Semoga Menginspirasi Anda

Sahabat Peradaban Kasih yan terkasih. Inilah ungkapanku atas peristiwa teror bom yang pagi ini terjadi di sejumlah twmpat dekat gereja di Surabaya, Jawa Timur. Pesan ini saya bagikan kepada siapa pun yang berkehendak baik di negeri ini, juga sekiranya ada yang tidak berkehendak baik, silahkan baca refleksi ini. Semoga menginspirasi hidup kamu! Inilah lima ungkapan refleksi saya.

Referensi pihak ketiga

Pertama, saya secara pribadi maupun sebagai Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang menyampaikan rasa duka mendalam atas peristiwa ini. Di saat masyarakat warga kian bersemangat membangun kerukunan, persaudaraan dan perdamaian, ada oknum-oknum yang menjadi raja tega tanpa perikemanusiaan. Oknum itu menjadi raja tega untuk dirinya sendiri dengan melakukan bom bunuh diri dan mati dalam api. Ini suatu paradigma yang mengerikan. Sudah tak mau mati sendiri dalam api dan bom, tetapi juga mengorbankan orang lain yang tak bersalah.

Kedua, saya berdoa untuk para korban baik yang meninggal maupun yang terluka. Termasuk saya juga berdoa bagi pelaku bom bunuh diri itu serta siapa pun yang berada di balik aksi itu. Terhadap pelaku teror dan siapa pun yang berada di balik aksi itu, saya merasa kasihan! Kasihan dengan cara pikir dan perilaku mereka yang cari sensasi melalui aksi teror meski itu tak pernah membuat semangat hidup berbangsa kita jadi kendor!

Referensi pihak ketiga

Ketiga, bersama seluruh warga masyarakat yang beradab dan berperikemanusiaan, saya menyerukan bahwa kita semua tidak takut dengan teror yang sudah usang itu. Pesan provokatif agar masyarakat tercekam dan takut tak lagi mempan sebab warga masyarakat kita kian hari kian dewasa dalam kasih, kerukunan dan persaudaraan. Semangat srawung demi kerukunan dan persaudaraan serta perdamaian akan terus bergema di NKRI yang ber-Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 1945.

Keempat, saya mengharapkan agar negara bersikap tegas dan mengusut tuntas peristiwa ini. Bongkar dan tindak tegas siapa pun yang mau mengacau negeri ini dan memorakporandakan NKRI dengan aksi teror. Jangan takut! Mayoritas rakyat bersama Pemerintah dan Polri serta TNI untuk menjag keutuhan bangsa.

Referensi pihak ketiga

Kelima, kepada siapa saja, tak usah latah mengupload atau menshare gambar/foto terkait aksi teror. Dengan cara itu, kita sudah memutus aksi teror dengan gadget dan medsoa kita. Jangan takut untuk terus menebarkan dan merajut kerukunan, persaudaraan dan perdamaian dengan siapa saja di mana saja. Mari srawung sejak dalam pikiran, perasaan dan pengalaman dengan sesama kita demi kerukunan, persaudaraan dan perdamaian. Tuhan memberkati kita semua dan seluruh warga bangsa kita.***

JoharT Wurlirang, 13/5/2018

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan pertanyaan Mas Daniel dari Tribun Jateng.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/39274707358160?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.