Inspiration

Inspirasi Partisipasi Sinergis Untuk Manusia Dan Bangsa Dari Mgr. Albertus Soegijapranata

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Salah satu inspirasi yang bisa memotivasi hidup kita dari Mgr. Albertus Soegijapranata adalah ajakan agar siapa saja terlibat dalam kerjasama sinergis untuk kemanusiaan dan kebangsaan. Seperti apakah?

Referensi pihak ketiga

Inspirasi itu dapat kita temukan dalam salah satu Surat Gembala beliau sebagai Uskup Agung Semarang. Pada tanggal 12/2/1952, Mgr. Albertus Soegijapranata menulis Surat Gembala dan menggarisbawahawi hal ini. Mari kita simak.

“Kita hidup di antara berjuta-juta penduduk yang berbedaan perkara agama dan keyakinannya. Kesejahteraan tanah dan keselamatan umum, pun pula kepentingan kita sendiri, meminta supaya kita hidup bersatu dan berdamai, tambahan pula kerja bersama-sama dengan segala warga negara dan golongan, yang sungguh memperhatikan kepentingan nusa dan bangsa.”

Gagasan itu memberi inspirasi dan motivasi setiap warga bangsa untuk turut dan ikut serta menentukan perjalanan kehidupan bersama menuju peradaban kasih. Dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat, siapa pun harus bersikap pro-aktif terlibat dalam gerak masyarakat dan bangsa. Bahkan, siapa saja dipanggil untuk terlibat aktif menjadi pelopor demi mewujudkan peradaban kasih yang mengedepankan persatuan dan perdamaian demi nusa dan bangsa.

Referensi pihak ketiga

Partisipasi aktif itu selalu bersifat sinergis. Artinya, setiap keterlibatan kita harus dilakukan dalam kerjasama dengan banyak orang dalam keberagaman apa pun. Kita tidak bisa bergerak sendirian tanpa keterlibatan sinergis demi menggapai kebaikan masa depan.

Referensi pihak ketiga

Itulah secuil gagasan yang bisa memberi inspirasi dan memotivasi siapa saja dalam rangka kerjasama dan partisipasi sinergis untuk mewujudkan peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama dan kepercayaan kita. Bagaimana menurut Anda, Sahabat Peradaban Kasih? Terima kasih atas tanggapan dan komentar terhadap refleksi ini.***

JoharT Wurlirang, 10/6/2018

Sumber: refleksi pribadi atas Surat Gembala Mgr. Albertus Soegijapranata, 12/2/1952

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3447008425400129?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.