Inspiration

Inspiratif! Merefleksikan Perjalanan, Menginspirasi Perubahan, Keren Bukan?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Pada hari ini, 5 Juni 2018, saya diminta mempersembahkan Misa Syukur dalam rangka Dies Natalia Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) ke-23 Unika Soegijapranata Semarang. Dalam rangka itu mereka merenungkan tema “Merefleksikan Perjalanan dan Menginspirasi Perubahan”. Seperti apa?

Referensi pihak ketiga

Ya, 23 tahun lalu, FTP mendapat Surat Keputusan (SK) dari Kemendikbud tanggal 5 Juni 1995. Penerimaan mahasiswa baru dimulai tahun 1995 dengan jumlah dosen 7 orang (Pak Budi, Bu Linda, Bu Rini, Bu Rika, Bu Lestari, Pak Sumardi dan Bu Nik) dan tendik yaitu Mas Yoga serta laboran yaitu Mas Soleh. FTP saat itu memiliki 3 lab dengan peralatan masih sederhana yakni Lab Ilmu Pangan, lab Mikrobiologi dan lab Rekayasa Proses. Jumlah mahasiswa yang diterima selama 3 tahun mulai 1995 hingga 1997 sebanyak 20 orang setiap tahunnya dan mulai tahun 1998 mulai meningkat hingga 40 orang. Tahun 2007 dibuka Program Magister Teknologi Pertanian (PMTP). Dekan FTP saat itu adalah Prof. Y. Budi. Dengan berjalannya waktu hadir dosen baru seperti Bu Tina, Pak Probo dan dari alumni seperti Bu Ita dan Bu Inneke.

Referensi pihak ketiga

Saat ini FTP sudah memiliki jumlah dosen tetap sebanyak 17 orang dan dan beberapa orang dosen tidak tetap dari industri pangan. Mulai tahun 2013 muncul konsentrasi baru di Program Studi Teknologi Pangan yakni Program Nutrisi dan Teknologi Kuliner.

Jumlah laboratorium ada 7 yakni Lab Ilmu Pangan, Lab Rekayasa Proses, Lab Mikrobiologi, Lab Molekuler, Lab Sensori, Lab Limbah dan Lab Kuliner. Jumlah laboran ada 4 orang (Mas Soleh, Supriyana, Lilik dan Agatha).

Awal FTP didirikan status yg dimiliki adalah “Terdaftar” sehingga mahasiswa harus mengikuti ujian negara. Saat ini sudah 3 periode FTP memiliki peringkat terakreditasi A. Sedangkan PMTP akreditasi B. Jumlah mahasiswa FTP saat ini hampir mencapai 200 orang setiap tahunnya. FTP juga punya banyak kerjasama dengan instansi dalam dan luar negeri dengan berbagai program kegiatan seperti pertukaran dosen dan mahasiswa. FTP juga membuka jalur fast-track (percepatan studi) yang bisa dikuti mahasiswa FTP dari program S1 lanjut ke S2 dengan kurikulum khusus sehingga diharapkan program S1 dan S2 ini bisa ditempuh selama 9 semester. Wow, keren neh.

Referensi pihak ketiga

Begitulah refleksi kisah perjalanan yang menginspirasi perubahan. Semoga selalu berkembang dalam mengembangkan bakat dan talenta bagi umat manusia dan negara-bangsa (talenta pro patria et humanitate). Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Gedung Albertus, 5/6/2018

Sumber: refleksi sebagaimana dituturkan Christiana Retnaningsih, dosen FTP Unika Soegijapranata Semarang.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/198748305217199?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.