Inspiration

Inspirasi Falsafah Jawa: Harga Dirimu Tercermin Dalam Ucapan Lidahmu

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Falsafah Jawa sebagaimana tampak dalam ungkapan ini bisa menginspirasi kita hari-hari ini. Ajining dhiri gumantung saka kedaling lathi.Apa arti dan maknanya?

Referensi pihak ketiga

Kalimat itu dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan demikian. Harga diri seseorang itu tergantung dari ucapan lidahnya. Dengan kata lain, setiap ucapan kita sesungguhnya mencerminkan kepribadian kita. Apa maknanya?

Referensi pihak ketiga

Maknanya jelas. Baik buruk kepribadian kita memiliki tolok ukur yang sangat sederhana yakni dari tutur kata kita. Setiap perkataan yang baik mencerminkan kepribadian kita yang baik pula. Sebaliknya, perkataan-perkataan buruk juga mencerminkan kualitas pribadi yang buruk pula. Maka, berhati-hatilah dengan ucapan dan perkataanmu apalagi bila menyangkut orang lain.

Referensi pihak ketiga

Sesederhana itulah falsafah Jawa melalui kalimat Ajining dhiri gumantung saka kedaling lathi. Maka dengan sederhana pula kita bisa belajar menjadi pribadi yang baik melalui setiap tutur kata kita. Kita pun bisa melihat sejauh mana seseorang memiliki kepribadian yang baik melalui ucapan-ucapan yang keluar dari mulutnya. Mudah bukan?

Referensi pihak ketiga

Itulah awal kita membangun peradaban kasih. Dimulai dari setiap ucapan dan perkataan kita. Salam peradaban kasih. Terima kasih membaca artikel ini. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 11/6/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2314522844574100?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.