Inspiration

Inspirasi Falsafah Jawa: Tuhan Itu Selalu Dekat Bahkan Kian Nikmat Saat Kita Taat

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi falsafah Jawa yang satu ini memotivasi siapa saja untuk merasakan dan mengalami kehadiran Tuhan dalam hidup harian. Seperti apakah?

Referensi pihak ketiga

Pangeran iku adoh tanpa wangenan, cedhak tanpa senggolan. Artinya: Tuhan itu berada jauh namun tidak ada jarak, dekat tidak bersentuhan. Inspirasi falsafah Jawa ini sangat mendalam memberi sentuhan pada aspek iman kita, apa pun agama dan kepercayaan kita. Tuhan itu berada jauh namun tanpa jarak tetapi juga dekat tanpa bersentuhan.

Hanya batin yang jernih, hati bersih, jiwa suci dan budi hening bening yang dapat merasakan kebenaran inspirasi falsafah Jawa ini. Saya sendiri lebih memamahi bahwa Tuhan itu selalu dekat, bahkan saat aku menjauhkan diri dariNya, justru jangkauan kerahimanNya semakin dekat menjamah kita. Aku jauh, Tuhan dekat. Aku dekat, Tuhan kian terasa dekat dan nikmat! Bagaimana dengan pengalaman rohani Anda? 

Salam peeradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua dalam mengalami kehadiranNya.***

JoharT Wurlirang, 16/6/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi falsafah Jawa Pangeran iku adoh tanpa wangenan, cedhak tanpa senggolan

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2312078829193237?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.