Inspiration

Inspirasi Kearifan Lokal Falsafah Jawa: Tuhan Itu Sumber Dan Asal Semua Ilmu Kehidupan

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah kearifan lokal, khususnya dari falsafah Jawa yang membuat kita terus terarah kepada Tuhan. Yang seperti apakah?

Referensi pihak ketiga

Sakabehing ngelmu iku asale saka Pangeran kang Mahakuwasa. Artinya, semua ilmu berasal dari Tuhan yang Mahakuasa. Kearifan lokal dari falsafah Jawa ini mengajak kita semua menyadari bahwa Tuhanlah yang menjadi sumber dan asal semua ilmu kehidupan.

Ilmu kehidupan itu dasarnya hanya satu yakni bahwa Tuhan yang Mahakuasa mengasihi kita semua makhluk ciptaan-Nya. Karena kasih-Nya yang begitu besar itulah maka Tuhan yang Mahakuasa memberikan kehidupan kepada semua makhluk-Nya. Terutama kepada manusia, Tuhan yang Mahakuasa memberikan pengetahuan tentang kasih, kebenaran, keadilan dan kesejahteraan. Asal hidup kita bersumber dari ilmu kehidupan yang bertumpu pada kasih, kebenaran, keadilan dan kesejahteraan, maka kita pasti akan hidup. Hidup bukan sembarang hidup, melainkan hidup yang bersumber dari daya kuasa-Nya.

Referensi pihak ketiga

Begitulah rumusan pendek kearifan lokal dari falsafah Jawa itu memuat pesan yang sangat mendalam bagi kita semua. Sakabehing ngelmu iku asale saka Pangeran kang Mahakuwasa. Karenanya, kita harus mempertanggungjawabkan seluruh pengetahuan dan ilmu kita kepada-Nya, apakah ngelmu kita sudah bermanfaat bagi kemaslahatan hidup bersama, atau justru merusak kehidupan bersama. Ngelmu itulah yang harus dijalankan setiap saat demi meraih kebahagiaan sejati dalam kehidupan kita.

Referensi pihak ketiga

Nah, bagaimana Anda melaksanakan ngelmu itu dalam kehidupan Anda? Semoga dengan ilmu pengetahuan yang tak hanya soal hafal-menghafal, atau hitung-menghitung, melainkan soal kasih, kebenaran, keadilan dan kesejahteraan membuat kita kian bermanfaat untuk mewujudkan peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama dan kepercayaan kita. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Kampus Ungu Unika Semarang, 22/6/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3620382374054075?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.