Inspiration

Janganlah Merasa Sok Pintar, Itu Bisa Membuatmu Tersesat Terkapar. Begini Penjelasannya!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Kearifan lokal ini pasti akan menginspirasi siapa saja asal bisa menghayatinya. Begini rumusannya. Aja kuminter mundhak keblinger. Artinya, jangan merasa paling pintar agar tidak salah arah. Kearifan lokal ini bersifat universal. Hanya kebetulan saja dirumuskan dalam bahasa Jawa lalu disebut falsafah Jawa. Awas, jangan sok pintar kalau tak ingin salah arah (tersesat) terkapar. Ini penjelasannya.

Referensi pihak ketiga

Orang yang kuminter itu merasa diri paling benar. Karena merasa diri paling pintar dan merasa diri paling benar maka yang bersangkutan sulit menerima nasihat dan masukan dari orang lain. Tak hanya sulit diberi tahu melainkan orang lain itu salah semua.

Referensi pihak ketiga

Sikap itu bisa membuat seseorang keblinger (salah arah). Salah arah ini akan kian buruk kalau yang bersangkutan menduduki suatu jabatan dan kekuasaan apa pun. Jabatan yang mestinya diemban dan dipangku justru dijadikan kesempatan bersikap mentang-mentang dan diduduki dengan sikap arogan. Ekspresinya, ia pun bersikap sewenang-wenang dan menganggap orang-orang lain yang mestinya menjadi partner sinergis untuk pelayan dijadikan obyek yang harus tunduk padanya apa pun alasannya. Bahkan, setiap penjelasan dan klarifikasi dari orang lain – apalagi yang dianggap sebagai bawahannya – dianggap sebagai pemberontakan, ketidaktundukkan dan ketidaktaatan.

Referensi pihak ketiga

Nah, itulah makna kearifan lokal aja kuminter mundhak keblinger. Semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 25/6/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2561273389149342?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.