Inspiration

Indahnya Belajar Rendah Hati, Yang Tua Belajar Dari Yang Lebih Muda, Kok Bisa Sih?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi pitutur luhur yang satu ini sedang kualami dalam dua minggu terakhir ini. Apa pitutur luhurnya? Mengapa dan Bagaimana? Kok bisa sih?

Referensi pihak ketiga

Inilah pitutur luhurnya. Kebo nusu gudel. Itulah yang terjadi. Artinya, yang lebih tua belajar dari yang lebih muda. Kebo adalah induk kerbau. Gudel adalah anak kerbau. Normalnya, gudel nusu (= menyusu) pada kerbau. Namun dalam pitutur luhur ini, yang terjadi sebaliknya. Induk kerbau justru menyusu pada anak kerbau (yang lebih muda). Dibutuhkan kerendahan hati!

Nah, dua minggu terakhir, saya mendapat kesempatan dari UC News untuk menulis kearifan lokal falsafah Jawa. Targetnya, seminggu 30 artikel..itu berarti, rerata dalam sehari saya harus menulis 4-5 artikel. Semula rasanya berat. Apa sanggup?

Referensi pihak ketiga

Nah, Mas Rommy – salah satu tim editor UC News – mendorong dan menginspirasi saya untuk berani melakukan hal itu. Setiap kali saya melaporkan 5 artikel yang sudah terbit dalam sehari tentang kearifan lokal, beliau selalu menjawab, “Hajaaar Pak!” Nah termyata inspirasi dua kata itu mencambuk diriku untuk dalam dua pekan ini berhasil menulis 70 artikel dengan tema-tema kearifan lokal falsafah Jawa. Wah ternyata asyik dan indah juga belajar bersemangat dari orang muda. Saya yang pasti lebih tua dari Mas Rommy pun jadi bersemangat untuk menulis dan menulis. Dan karenanya, saya pun harus banyak membaca dan membaca tentang budaya Jawa.

Referensi pihak ketiga

Demikian inspirasi kearifan lokal kebo nusu gudel sungguh benar. Terima kasih Mas Rommy. Terima kasih UC News. Semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 12/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi falsafah Jawa

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/813570971730447?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.