Inspiration

Indahnya Bila Pemimpin Memberi Rasa Tentram Damai, Dan Pemimpin Itu Adalah Kamu!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Setiap orang pasti merindukan rasa damai, tenang, ayem dan bahagia. Dalam pitutur luhur budaya Jawa, kerinduan itu harus dijawab oleh siapa pun yang diberi amanah menjadi pemimpin.

Referensi pihak ketiga

Pemimpin yang seperti apa yang bisa menjawab kerinduan itu? Menurut pitutur luhur kearifan lokal falsafah Jawa pemimpin itu adalah yang memiliki sifat hayom hayem. Apa maksudnya?

Sifat hayom hayem adalah sifat yang mengayomi dan memberi rasa ayem tentrem banyak orang. Wibawa kepemimpinannya tidak membuat orang lain merasa terancam, melainkan justrum merasa aman dan tenteram. Rasa aman dan suasana tenteram menjadi bagian dari kerjasama dengan semua pihak yang berbeda dalam aneka ragam karakter. Semua serasa diterima dalam kasih sayang tanpa diskriminasi. Ia laksana induk ayam yang mengepakkan sayapnya untuk melindungi anak-anaknya.

Referensi pihak ketiga

Menurutku, pemimpin dengan sifat hayom hayem tak harus untuk komunitas yang besar tetapi mulai dari komunitas yang paling dasar. Itu berarti dimulai dari keluarga. Itu berarti sifat hayom hayem harus dimiliki oleh para suami dan bapak, para istri dan ibu, kakak terhadap adik dan seterusnya. Bila demikian, suasana damai, tentram, ayem, bahagia dan sejahtera akan tercipta. Dari keluarga mengalir ke tetangga, masyarakat, bangsa dan dunia. Dan bisa pemimpin itu adalah kamu!

Referensi pihak ketiga

Alangkah eloknya bila organisasi, perusahaan, negara dan dunia bahkan agama-agama dilayani oleh para pemimpin yang hayom hayem. Upaya mewujudkan peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama dan kepercayaannya. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 7/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Luhur Budaya Jawa (2017:145)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/113398642850806?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.