Inspiration

Indahnya Inspirasi Makna Ganda Papat Keblat Lima Pancer, Manusia Dan Semesta, Seperti Apa?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Ada makna ganda falsafah Jawa keblat papat lima pancer atau papat keblat lima pancer terkait dengan manusia dan semesta. Dalam refleksi tentang sedulur sejati, kita bahas inspirasi papat keblat lima pancer dari sisi keberadaan manusia saat kelahirannya. Ternyata masih ada lagi inspirasi keblat papat lima pancer yang bermuatan kosmologi Jawa. Kita simak yuk. 

Referensi pihak ketiga

Menurut kosmologi Jawa, alam semesta ditata dan dilingkupi dalam keblat papat lima pancer. Apa arti dan maknanya? Keblat sama dengan kiblat atau arah. Ada empat arah utama mata angin seperti pada umumnya, timur selatan barat utara yang dalam bahasa Jawa disebut wetan kidul kulon lor. Di antara empat kiblat itu ada tengah yang disebut pancer. Pancer adalah pusat kosmis manusia Jawa. 

Keblat papat lima pancer memiliki kaitan dengan sedulur sejati kadang papat lima pancer, yakni kakang kawah, getih (rah), puser dan adhi ari-ari. Yang menjadi pancer adalah diri manusia sendiri dan keberadaannya. Apa hubungannya antara keblat papat lima pancer dengan kadang papat lima pancer sedulur sejati, antara manusia dan semesta? 

Falsafah Jawa melihat dan memberi tempat kadang (sedulur) papat searah dengan kiblat empat. Kawah searah dengan timur yang dalam bahasa Jawa disebut wetan. Kata wetan dekat dengan wiwitan yang berarti awal mula hidup manusia di dunia melalui kelahirannya. Dengan lahir ke dunia, manusia memulai (miwiti) kehidupan baru yang penuh tantangan di atas lembar putih kesucian, kejujuran dan kebaikan. Maka kawah diberi simbol warna putih. Getih (rah) yakni darah setara dengan arah selatan. Puser searah dengan barat. Ari-ari searah dengan utara. 

Referensi pihak ketiga

Pancernya apa? Pusat pancernya disebut Mar dan Marti yang merupakan gambar manusia lelaki dan perempuan yang persatuan antara keduanya dalam cinta melahirkan kehidupan baru manusia. Mar dan Marti juga ditafsirkan sebagai dua derita bunda saat awal mengandung janin dan selama mengandung sembilan bulan serta pada saat melahirkan dengan pertaruhan nyawanya. Derita itu ditanggung dalam gumpalan kasih sayang yang mengalir dalam rupa air susu ibu bagi kehidupan bayi yang lahir untuk selanjutnya.

Dalam ritual slametan (selamatan) keblat papat lima pancer yang sejalan dengan kadang papat lima pancer sedulur sejati dihadirkan secara simbolik dengan tumpeng (gunungan) besar dengan empat sudut tumpeng kecil. Nah, simbolisme warna sedulur sejati kakang kawah adhi ari-ari bersama darah dan puser dipergunakan aneka ragam warna lima bunga. Mawar merah, melati (atau kanthil) putih, kanthil kuning, dan kenanga hijau/hitam mengingatkan manusia pada simbol warna-warna sedulur sejati dan arah mata angin tadi. Dalam kesemuanya itu masih ditambah minyak klentik (minyak goreng) pralambang kehidupan.

Begitulah simbolisme keblat papat lima pancer dan sedulur sejati kadang papat lima pancer menghadirkan kosmologi Jawa, jagat gedhe jagat cilik terpadu secara harmonis selaras dalam keberagaman. Keberagaman itu berada dalam kesatuan laksana Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangwra untuk menjaga keseimbangan adanya kehidupan ini. 

Referensi pihak ketiga

Dengan memahami semua itu, semoga kita lalu mengerti betapa mendalam simbolisme falsafah Jawa tentang keblat papat lima pancer baik dari sisi kosmologi maupun antropologi. Simbolisme itu jauh dari sifat klenik negatif melainkan bermakna mistik positif yang menjaga keseimbangan dalam keberagaman hidup bersama dalam satu tujuan yakni membangun peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama dan kepercayaannya. Demikian, semoga jelas meski tetap penuh rahasia namun membantu nalar dan naluri kita untuk mengerti. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 7/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Mistik Kejawen (2018:53-54) dan Ilmu Slamet (2010:206-212)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2281083801440737?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.