Inspiration

Indahnya Saat Berani Mawas Diri, Mengapa Tidak?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Pitutur luhur kearifan lokal falsafah Jawa berikut ini kembali mengajak kita berintrospeksi diri. Ini memberi inspirasi dan motivasi siapa saja untuk berani mawas diri. Seperti apakah. Kita simak yuk. 

Referensi pihak ketiga

Empat kata ini padat makna dalam satu rangkaian pitutur luhur: mulat sarira angrasa wani. Terjemahan bebas dari pitutur luhur ini ke dalam bahasa Indonesia sangat menantang. Beranilah untuk mawas diri, jangan jadi pengecut dengan merasa diri paling baik dalam hidupmu.

Mawas diri dengan segala kerendahan hati membutuhkan keberanian. Mengapa? Karena mawas diri itu sulit sekali, Kawan! Ya, menilai diri sendiri secara obyektif itu sulit, apalagi melihat kekurangan dan kelemahan diri sendiri.

Referensi pihak ketiga

Dalam pengalaman hidup sehari-hari, lebih mudah mencari kesalahan dan kelemahan orang lain dari pada menemukan kekurangan dan keterbatasan diri sendiri. Peribahasa Indonesia cocok banget dengan pitutur luhur ini. Kuman di seberang lautan tampak jelas, gajah di pelupuk mata tak terlihat pula. Bagaimana mungkin kita ingin menyingkirkan selumbar di mata sesama kita, sementara mata kita tertutup balok? Begitulah maka mulat sarira angrasa wani sungguh menantang diri kita.

Begitulah, pitutur luhur ini sangat relevan dalam kehidupan kita saat ini ketika orang dengan mudah menilai orang lain salah, padahal dirinya sendiri jauh lebih bersalah. Semoga dengan mulat sarira angrasa wani membuat kita dimampukan mewujudkan peradaban kasih. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kit semua.

Referensi pihak ketiga

Terima kasih pula berkenan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Silahkan berkomentar apa saja, kuterima denga gembira dan sukacita!***

JoharT Wurlirang, 4/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Luhur Budaya Jawa (2017:263-264)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1416611703844073?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.