Inspiration

Jangan Remehkan Mereka, Daripada Malu, Sebab Mereka Ini Luar Biasa Istimewa!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Kearifan lokal berikut ini penting menjadi perhatian kita. Bathok bolu isi madu. Keren dan dahsyat! Jangan pernah meremehkan bathok bolu (tempurung kelapa) sebab ia berisi madu. Apa artinya?

Referensi pihak ketiga

Kearifan lokal ini menggambarkan fakta bahwa orang yang rendah derajatnya, mungkin penampilan lahiriahnya juga acak-acakan, namun memiliki kepandaian, kemampuan, kearifan dan kebijaksanaan yang bermanfaat bagi umat dan masyarakat. Maka jangan sekali-kali meremehkan dia. Uniknya adalah bahwa yang bersangkutan juga tidak menyadari bahwa ia dianugerahi banyak kepandaian, kemampuan, kearifan dan kebijaksanaan.

Namun justru itulah kerendahan hati dan keistimewaan mereka. Mereka tidak pernah menyombongkan diri sebagai orang penting, padahal keberadaannya sesungguhnya sangat penting untuk kehidupan banyak orang.

Referensi pihak ketiga

Contoh yang biasa dipakai untuk menjelaskan kearifan lokal ini adalah keberadaan seorang dukun bayi di desa, kampung, atau pedalaman-pedalaman. Dengan rendah hati, para dukun bayi di masa lalu, sebelum keberadaan banyak dokter kandungan dan bidan sekarang ini. Mereka ini merasa hanya memiliki kemampuan biasa-biasa saja, padahal sesungguhnya, mereka telah membantu menyelamatkan para ibu di saat sakit bersalin dan menyelamatkan bayi-bayi dalam menyambut kehidupan yang baru di dunia ini. Mereka memiliki peranan di tengah masyarakat luas! Keren! Tapi mereka tetap rendah hati dan tidak sombong. Kira-kira, untuk zaman now, apa ya yang bisa dipakai sebagai contoh nyata kearifan lokal ini. Siapakah bathok bolu isi madu di antara kita saat ini?

Referensi pihak ketiga

Kearifan lokal ini mengajak kita agar tidak mudah merendahkan orang lain, apalagi menghina sesama. Kecuali itu, kita juga diingatkan agar tidak tertipu dan terkelabuhi oleh penampilan lahiriah seseorang. Penampilan seseorang belum tentu menampilkan jati diri dan kualitas kemampuannya. So, guys and girls, jangan sekali-kali meremehkan orang lain yang belum kamu kenal. Bisa-bisa kamu malu sendiri oleh sikapmu itu.

Demikian, semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 5/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Luhur Budaya Jawa (2017:55)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2790170759722339?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.