Inspiration

Mulianya Manusia Di Hadirat Tuhan, Mengapa Manusia Tak Saling Menghormati Sesamanya?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Manusia itu amat berharga di hadirat Tuhan. Dalam dalam keadaan apa pun, Tuhan akan memenangkan manusia. Itulah salah satu inspirasi kearifan lokal falsafah Jawa.

Referensi pihak ketiga

Selengkapnya, falsafah Jawa itu dirumuskan demikian. Pangeran iku menangake manungsa senajan kaya ngapa. Artinya,Tuhan memenangkan manusia walaupun seperti apa manusia itu. Mengapa?

Jawabannya jelas. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang tertinggi di antara semua makhluk lain. Ciptaan Tuhan di dunia ini terdiri dari benda material seperti bumi, air, udara, dan bebatuan. Inilah yang disebut taraf pertama ciptaan. Lalu taraf kedua adalah tetumbuhan. Taraf ketiga adalah satwa atau hewan. Dan taraf tertinggi makhluk ciptaan adalam manusia. Itulah sebabnya dalam situasi apa pun manusia akan dimenangkan Tuhan.

Referensi pihak ketiga

Lagipula, sebagaimana sudah berkali-kali disebut dalam berbagai kesempatan, manusia adalah ciptaan yang secitra dengan Tuhan. Lalu harus bagaimana? Tak ada kata lain kecuali rasa syukur atas kasih dan kerahiman Tuham bagi manusia. Bahkan Tuhan berkenan menebus dan menyelamatkan manusia dari belenggu dosa atau angkara murka.

Referensi pihak ketiga

Nah, karena Tuhan akan selalu memenangkan manusia, maka baiklah manusia juga saling memenangkan sesama manusia lainnya. Artinya, manusia pun harus saling menghormati dan menjaga satu terhadap yang lain dalam kasih dan kerahiman. Dengan demikian, peradaban kasih pun diwujudkan di antara kita. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 25/6/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3847272177813100?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.