Inspiration

Pentingnya Berhati-Hati Dalam Menjalankan Hakikat Hidup Manusia, Mengapa?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Ada kutipan bagus banget yang memberikan wawasan batin kepada siapa saja yang hendak mengolah keheningan batin. Kutipan itu saya temukan dalam Mistik Kejawen (Suwardi Endraswara, 2018:42-43). Seperti apakah? Kita simak yuk.

Referensi pihak ketiga

Kutipan itu diwariskan Pakubuwana V dalam Serat Centhini V:279. Beginilah kutipan selengkapnya.

Aywa lunga yen tan wruha, ingkang pinaranan ing purug, lawan sira aywa nadhah, yen tan wruha rasanipun, aywa nganggo-anggo siraku, yen tan wruh ranning busana, weruha atakon tuhu, bisane tetiron nyata.” 

Maknanya adalah sebagai berikut. Dalam kehidupan ini, kita diharapkan paham betul (mengetahui) asal dan tujuan hidup ini. Itulah yang disebut ngelmu sangkan paraning dumadi. Untuk itulah, penting disadari untuk bersikap hati-hati (berhati-hati) dalam memahami hidup manusia. 

Referensi pihak ketiga

Nah, hidup manusia itu yang seperti apa? Salah satu inspirasi jawaban yang indah dan penting diberikan oleh Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga menyampaikan inspirasi itu dalam tembang Dhandhanggula gubahannya. Berikut kutipannya.

Urip iku neng donya tan lami, upamane jebeng menyang pasar, tan langgeng neng pasar bae, tan wurung nuli mantuk, mri wismane sangkane nguni, ing mengko padha weruha, yen asale sangkan paran duk ing mguni, aja nganti kesasar.

Tembang itu memiliki pesan mistik dalam falsafah Jawa. Apa maknanya? Hidup di dunia ini sementara saja. Hidup inj tidak lama. Manusia itu ibarat pergi ke pasar. Sesudah itu manusia pulang ke rumah masing-masing. Jangan ragu-ragu terhadap asal muasalnya dan jangan sampai tersesat. 

Referensi pihak ketiga

Dengan demikian, kita menggapai kasampurnaning urip (hakikat kehidupan manusia sejati). Begitulah makna warisan kearifan lokal itu. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Muntilan, 12/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Mistik Kejawen (2018:40-43)

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2687485393627796?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.