Inspiration

Pentingnya Selalu Mengingat Saat-Saat Sekarat, Agar Tetap Rendah Hati Dan Taat. Beginilah!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi kearifan lokal budaya Jawa mengatakan eling nalika lara lapa. Artinya, selalu ingat ketika masih dalam keadaan duka lara (saat-saat sekarat). Untuk apa? Beginilah jawabannya. Mari kita simak saja.

Referensi pihak ketiga

Kearifan lokal ini mirip dengan ungkapan aja dumeh. Pertama-tama pitutur luhur ini ditujukan kepada siapa saja yang saat ini sedang berada dalam taraf dan tingkat keberhasilan hidup. Yang sedang mengalami kesuksesan besar, ingatlah! Jangan melupakan masa-masa awal perjuangan dengan segala jerih payah yang ada, bahkan duka lara yang menyertainya.

Referensi pihak ketiga

Selanjutnya, dengan mengingat saat-saat sekarat, siapa saja lantas diajak untuk selalu bersikap rendah hati dan taat. Rendah hati bahwa segala keberhasilan yang dialami saat ini adalah anugerah dari Tuhan. Kerendahan hati diikuti sikap taat kepada Tuhan yang menjadi sumber segala keberhasilan dan kesuksesan.

Akhirnya, dengan pitutur luhur ini, siapa saja diajak untuk tetap biasa, tak usah merasa diri beda dari yang lain atau merasa diri paling istimewa di antara umat manusia. Tak perlu mengubah sikap dalam perjumpaan dan pergaulan dengan sesama. Tak perlu berubah dalam mengembangkan ketekunan, kejujuran, dan kesetiaan bekerja.

Referensi pihak ketiga

Demikian, makna kearifan lokal eling nalika lara lapa. Pitutur ini baik bila memberi inspirasi dan motivasi kepada siapa saja dalam menerima setipa nikmat dan berkat dari Tuhan yang Maha Esa. Semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Kampus Ungu Unika, 13/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Luhur Budaya Jawa (2017:108)

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/570211120071003?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.