Inspiration

Pentingnya Tidak Bersikap Sembarang Paling, Boleh Pilih Inspirasi Empat Langkah Ini!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi dan motivasi kearifan lokal falsafah Jawa yang penting kita perhatikan dalam bersikap rendah hati. Tidak merasa sembarang paling. Apa maksudnya? Mari kita simak.

Referensi pihak ketiga

Inspirasi ini diwariskan oleh Syekh Amongraga putra Sunan Giri. Beliau memberikan resep untuk mencapai yang disebut sunyaruri, yakni sikap pengosongan diri dari sikap adigang adigung adiguna. Jangan merasa diri sembarang paling maksudnya, merasa paling benar, paling baik, paling hebat, paling pandai dan seterusnya. Semua watak itu harus dilenyapkan untuk bisa menemukan dan mengalami kehadiran Tuhan.

Referensi pihak ketiga

Ada empat inspirasi untuk tidak bersikap sembarang paling. Keempatnya adalah panekung, dyana, pencerahan dan paramita. Apa maksudnya? Mari kita lihat satu per satu.

Pertama, panekung adalah sikap semedi secara khusyuk. Dalam sikap ini siapa saja tak mempan godaan. Kedua, dyama, yakni tekad bulat lahir batin yang suci untuk berkonsentrasi menghadap Tuhan. Ketiga, pencerahan, yakni sikap sumeleh dan sumarah. Tak menghendaki yang bukan jatahnya, tak menolak pemberian, tapi juga tak terlalu berharap menerima. Keempat, paramita, yakni kehidupan lahir batin yang terarah pada kesempurnaan. Sikap ini ditandai sifat legawa (baik hati), susila (sopan santun), kanceng (setia), waspada, tepa sarira (peka pada sesama) dan wicaksana (bijaksana).

Referensi pihak ketiga

Itulah inspirasi empat sikap menunu kerendahan hati agar manusia tidak merasa diri sembarang paling. Semoga menginspirasi siapa saja untuk bersikap sunyaruri, rendah hati. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Muntilan, 10/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Ilmu Slamet (2018:111-113)

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3244795459201071?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.