Inspiration

Indahnya Bersikap Bijaksana, Berwibawa Itu Kasih Mulia, Mengapa?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi dan motivasi unik dan menarik kearifan lokal falsafah Jawa. Darma sulaksana. Awas. Ini bukan nama orang, meski bisa juga begitu. Tapi dalam pitutur luhur Jawa, darma sulaksana berarti kebijaksanaan sebagai sifat utama. 

Referensi pihak ketiga

Priyagung ambeg darma sulaksana adalah orang yang bijaksana, adil, baik dan penuh wibawa. Ia seorang lelaki (priyagung). Pria ini bisa siapa saja dari anak-anak, remaja, orang muda dan dewasa. Diharapkan menjadi orang yang bijaksana, adil, baik dan berwibawa.

Referensi pihak ketiga

Bila ia seorang perempuan maka disebut wanudyayu. Wanita cantik tak hanya fisik tetapi juga hati dan jiwanya. Saya mengusulkan, ia disebut wanudyayu darmi sulaksani. Alasannya, kalau laki-laki disebut darma kalau putru disebut darmi. Sulaksana menjadi sulaksani. Marna menjadi marni. Tentu ini dalam konsep budaya Jawa.

Referensi pihak ketiga

Yang jelas., pitutur luhur ini memberi inspirasi dan motivasi kepada siapa saja untuk menjadi orang yang bijaksana, baik hati, adil dan berwibawa. Semoga memberi inspirasi dan motivasi kita. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan darma sulaksana.***

Griya Paseban Semarang, 17/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Luhur Budaya Jawa (2009:123)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/65977639958945?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.