Inspiration

Menyedihkan! Kepandaian Itu Anugerah Tuhan, Masih Juga Berani Menyombongkan Diri? Sadarlah

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Sepandai apa pun manusia, tak ada yang bisa membuat – maaf – otaknya sendiri. Kepandaian itu berasal dari Tuhan. Karenanya sungguh menyedihkan bila masih ada orang yang berani menyombongkan diri. Nggak sadar kale bahwa kepandaian itu anugerah Tuhan. Mari kita simak pitutur luhur ini.

Referensi pihak ketiga

Sakpinter-pintere manungsa, ora ana sing bisa gawe utek dhewe. Mula aja ngaku-ngaku paling pinter. Kapinteran kuwi paringane Gusti Allah. Artinya, sepandai-pandainya manusia, tak ada manusia yang bisa membuat otaknya sendiri. Maka dari itu, jangan merasa diri paling pandai. Kepandaian itu anugerah Tuhan.

Dengan filosofi ini, selain diajak untuk tidak sombong dan merasa paling pandai; siapa saja juga diajak untuk menyadari bahwa kepandaiannya itu berasal dari Tuhan. Kepandaian itu anugerah. Karenanya jadikanlah pula sarana menjadi berkah. Ah, saya jadi ingat nasihat Mgr. Albertus Soegijapranata: pergunakanlah bakat dan talentamu untuk kemanusiaan dan kebangsaan yang sejahtera dan bahagia. Talenta pri patria et humanitate.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan kepandaian yang bermanfaat untuk umat manusia dan segala bangsa demi kemuliaan Tuhan semata.***

JoharT Wurlirang, 22/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi falsafah Jawa

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3006372891399915?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.