Inspiration

Indahnya Inspirasi Falsafah Jawa Ini, Masih Mau Bersikap Paling Pandai & Curang? Sadarlah!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Salah saty bahaya manusia zaman now adalah merasa pintar dan karena pintar lalu menggunakan kepintarannya itu untuk berkhianat. Istilah keminter lan minteri liyan. Nah dalam falsafah Jawa situasi dan kondisi seperti ini sudah diantisipasi dengan pitutur ini. Kita simak yuk.

Referensi pihak ketiga

Ada dua hal yang disampaikan sebagai inspirasi dan motivasi terkait dengan hal ini. Pertama, aja kuminter mudhak keblunger; kedua, aja cidra mundhak cilaka. Apa arti dan maknanya. Kita lihat dulu artinya. Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah; jangan suka berbuat curang (berkhianat) agar tidak celaka.

Berikut ini makna yang bisa kita renungkan. Hidup bersama di dunia ini tak usahlah merasa diri paling pandai di antara yang lain. Sikap merasa diri paling pandai itu akan membuat siapa saja jatuh dalam sikap salah arah. Kaena salah arah makan berjalan pula ke arah yang salah. Godaan terbesar ketika orang berjalan ke arah yang salah adalah berlaku curang. Nah kalau orang sudah berlaku curang ia akan menghadapi kecelakaan hidupnya sendiri maupun orang lain. Lihat saja buah-buah dari sikap kuminter dan cidra yang dilakukan oleh orang-orang yang seharusnya mengemban amanah memimpin masyarakat, bukannya kesejahteraan dan kebaikan serta keadilan yang dihasilkan melainkan kekacauan, korupsi dan ketidakadilan. Yang seperti ini jangan sampai terjadi.

Demikian refleksi spontan saja atas kearifan lokal tersebut. Semoga bermanfaat. Terima kasih masih setia membaca permenungan tentang kearifan lokal falsafah Jawa bersama saya. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 26/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi meme yang jadi gambar sampul artikel ini

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2208283281751613?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.