Inspiration

Inilah Tiga Inspirasi dari Sri Sultan Hamengku Buwana I; Bagi Siapa & Seperti Apakah?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi tiga sifat pemimpin yang harus diketahui dan dihayati oleh siapa saja. Inspirasi ini saya timba dan pelajari dari Bapak Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Condro Kirono M.M, M.Hum, sebagaimana dilansir dalam bukunya Memimpin dalam Keberagaman – Kearifan Lokal Menjaga NKRI (2017). Asyik banget membacanya, sebab di dalamnya terdapat banyak inspirasi kearifan lokal falsafah Jawa. Seperti apakah? Mari kita simak bersama.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Inilah inspirasi kearifan lokal Jawa dalam hal kepemimpinan sebagaimana diwarisakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwana I (6 Agustus 1717- 24 Maret 1792). Tiga sifat ini terus diwarisi oleh para penerusnya seperti tampak dalam gelar yang disandangnya. Ketiga sifat itu adalah hamengku, hamangku lan hamengkoni. Apa arti dan maknanya?

Referensi pihak ketiga – Sri Sultan Hamengku Buwana I dengan Nama asli Raden Mas Sujana (1717 -1792) – Sumber: titiknol.co.id

Pertamahamengku. Artinya, soerang pemimpin haruslah mampu melindungi rakyatnya secara adil tanpa diskriminasi. Pemimpin yang hamengku adalah pemimpin yang tidak membeda-bedakan asal, golongan, agama, harta, pangkat dan jabatannya. Pemimpin yang hamengku adalah pemimpin yang menghadirkan keadilan bagi seluruh rakyatnya, satu untuk semua tanpa pilih kasih.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Keduahamangku. Artinya, seorang pemimpin harus bisa membombong rakyat yang dilayaninya. Ia mampu membesarkan hati anak buah yang menjadi tanggung jawabnya. Pemimpin yang hamangku adalah pemimpin yang menyejahterakan rakyat dan masyarakatnya, bahkan sekalipun kesejahteraan itu harus ditopang dengan seluruh hartanya sendiri dari pihak yang sang pemimpin, tidak menjadi masalah.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Ketigahamengkoni. Pemimpin yang hamengkoni adalah yang mampu bertanggungjawab dengan segala resiko dan konsekuensinya. Ia ndhadha setiap persoalan yang terjadi dan tidak akan tinggal glanggang colong playu. Dari sinilah pula tampak sifat pemimpin sebagai teladan bagi rakyat, masyarakat dan semua rekan kerjanya.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Begitulah tiga sifat pemimpin sebagaimana diwariskan dan diajarkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwana I. Tentunya, ketiga sifat itu menjadi sifat para pemimpin pula dalam hal apa pun, baik pemimpin lembaga, perusahaan, pendidikan, dan pemerintahan. Kalau seorang pemimpin tanpa ditandai sifat hamengku, hamangku dan hamengkoni, maka ia tidak layak menjadi pemimpin, apalagi pemimpin sebuah bangsa besar seperti NKRI ini. Syukurlah, dalam diri sosok Presiden Joko Widodo, sifat-sifat kepemimpinan yang hamengku, hamangku dan hamengkoni itu kembali bisa dirasakan masyarakat kita, tak hanya bagi warga NKRI tetapi juga bagi dunia.

Pulung kepemimpinan itu bekerja dan kesejahteraan pun semakin bisa dirasakan seluas Nusantara, tak hanya bagi masyarakat di Jawa, melainkan dari Sabang sampai Merauke! Begitulah peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama dan kepercayaannya makin bisa diwujudkan. Memang, untuk yang terakhir, masih banyak tantangan yang harus diselesaikan karena percikan-percikan intoleransi yang masih terjadi di sejumlah tempat. Saya bersyukur bahwa sebagian besar aparat Kepolisian Republik Indonesia bersikap tegas dalam hal ini dan memberi perlindungan tanpa diskriminasi.

Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dan bangsa kita dengan sosok pemimpin yang hamengku, hamangku dan hamengkoni. Wah kalau demikian, dahsyat banget Gan! Bangsa kita akan maju pesat dan kesejahteraan, keadilan, kerukunan serta perdamaian kian dirasakan rakyat! Bagaimana menurutmu?***

JoharT Wurlirang, 30/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi uraian Irjen Pol Drs. Condro Kirono M.M, M.Hum dalam bukunya Memimpin dalam Keberagaman – Kearifan Lokal Menjaga NKRI (2017:37-38)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1304695616512564?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.