Inspiration

Pentingnya Bersikap Sadar Kemampuan, Jangan Kegedhen Cagak Kurang Empyak, Memalukan Loh!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Kearifan lokal berikut ini bisa menjadi penanda dan pengingat bagi seseorang yang mimpinya terlalu besar namun nggak nyadar bahwa kenyataannya tak sebesar impiannya. Kegedhen empyak kurang jagak! Begitu pitutur luhur budaya Jawa mengingatkan. Apa arti dan maknanya? Bagaimana realitasnya?

Referensi pihak ketiga

Ada orang-orang tertentu yang memiliki cita-cita yang besar dan tinggi, namun ia sebenarnya tak memiliki kemampuan yang cukup, apalagi memadahi. Untuk menggapai cita-cita tinggi besar itu tak ditopang dengan kecakapan yang sesuai. 

Biasanya, orang macam begini hanya bisa sesumbar muluk-muluk akan mencapai ini dan itu tetapi tak didukung dengan bukti yang cukup, apalagi data yang kuat. Maka ia tergoda untuk cenderung asal kritik, asal bicara, dan hanya mencari sensasi belaka. Lebih buruk lagi, sikap itu masih dicemari dengan keaombongan dan arogansi seraya membutakan diri pada keberhasilan pihak lain yang sudah jauh lebih berprestasi dengan bukti-bukti yang akurat. Konyol bukan?

Mereka lalu suka berlagu. Banyak hal tak sesuai dengan kenyataan. Tentu saja sebab ia hanya asyik dengan mimpinya sendiri. Sudah begitu, yang diandalkan lantas kekuatan basi masa lalu yang sudah layu dan beku. Parah Gan! Karena juga disertai dengan cara tipu-tipu.

Tentu saja, setiap orang boleh bercita-cita. Bahkan cita-cita pun harus setinggi langit. Tapi harus diingat, cita-cita itu mesti diimbangi dengan tekad dan niat yang sungguh-sungguh. Dan yang lebih penting, kata leluhur kita, harus pula disertai kerendahan hati. Maka, bila gagal, tak perlu dibebani rasa sesal. 

Itulah makna inspirasi kearifan lokal falsafah Jawa kegedhen empyak kurang cagak. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 3/8/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Luhur Budaya Jawa (2017:193)

Sumber
http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/256751221530162?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.