Inspiration

Berbuatlah Kasih Agar Kebanjiran Kasih! Itulah Makna Karoban Ing Sih, Lakukanlah!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Falsafah Jawa yang terungkap dalam pitutur luhur mengatakan ungkapan poaitif sebagai berikut. Ungkapannya karoban ing sih. Apa artinya?

Referensi pihak ketiga

Dalam bahasa Jawa, karoban berarti kebanjiran. Sih dari kata welas asih berarti cinta kasih. Maka, yang disebut karoban ing sih adalah keadaan hidup kita yang kebanjiran kasih. Apa maknanya?

Orang yang karoban ing sih adalah orang yang sedang dianugerahi banyak kasih. Ia mendapatkan kasih sayang berlimpah dari banyak orang dalam bentuk berbagai dukungan, perhatian dan sapaan yang semuanya berlandaskan cinta kasih.

Nah, manusia sebetulnya selalu karoban ing sih bukan hanya dari sesama manusia melainkan dari Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang. Menyadari semuanya itu, tak ada cara lain kecuali selalu bersyukur dan berterima kasih. Caranya? Dengan rela pula menjadi sarana belas kasih bagi sesama yang membutuhkan perhatian kita.

Demikian, semoga kita selalu diberkati Tuhan dan karoban ing sih. Semoga pula kita menjafi tanda dan sarana belas kasih dalam kehidupan bersama. Untuk itu bertindaklah dengan penuh belas kasih, khususnya kepada sesama dan semeata dalam hidup sehari-hari. Terima kasih. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 19/8/2018

Sumber: refleksi prubadi

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/842681309172936?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.