Inspiration

Indahnya Inspirasi Kearifan Lokal tentang Belarasa & Solidaritas di Tengah Bencana Gempa

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dudu sanak dudu kadang, yen mati melu kelangan, yen susah melu prihatin. Inilah kearifan lokal Jawa yang saat ini bisa dihayati dalam rangka belarasa dan solidaritas atas peristiwa gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya baru-baru ini. Meski bukan saudara kandung dan lerabat dekat, kalau ada yang meninggal kita turut berduka, kalau sakit dan sedih kita pun turut prihatin.

Referensi pihak ketiga

Kita semua sedih dan berduka setiap kali yerjadi bencana. Bencana yang terjadi selalu membawa korban. Tanggal 29 Juli 2018 yang lalu terjadi gempa di Lombok Timur dan Sumbawa. Hari ini di Lombok Utara dan Mataram masih juga digoncang gempa. Sedikitnya 20 korban jiwa akibat gempa tersebut dengan kekuatan 6,4 SR dan 7 SR. Akibat gempa selalu ada korban jiwa maupun luka dan kerusakan rumah tinggal warga.

Sebagai warga bangsa, kita semua prihatin dan turut berduka. Maka kearifan lokal falsafah Jawa dudu sanak dudu kadang yen mati melu kelangan, yen susah melu prihatin. Di sinilah tantangan untuk mengembangkan sikap belarasa dan solidaritas bergema.

Referensi pihak ketiga

Sebagaimana diberitakan oleh berbagai media online maupun adui-visual di sejumlah stasiun televisi kita, gempa dan dampaknya menjadi perhatian Pemerintah Jokowi pula. Bantuan sosial dan perhatian kasih itu merupakan perwujudan kebenaran kearifan lokal yang sedang kita renungkan.

Marilah sejenak mengheningkan cipta dan berdoa bagi para saudari-saudara kita sebangsa. Semoga yang meninggal disambut dalam kebahagiaan kekal di surga. Keluarga yang ditinggalkan pun diberi ketabahan. Yang terluka disembuhkan. Yang trauma dipulihkan

Referensi pihak ketiga

Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 5/8/2018

Sumber: refleksi prubadi terinspirasi KompasTV-Live (5/8/2018 pkl 22.00 WIB

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3358158484743336?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.