Inspiration

Indahnya Urip Seneng Sayuk Rukun, Jangan Takut Berkreasi untuk Srawung!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Urip seneng sayuk rukun makarya bareng. Itulah kearifan lokal yang dihayati oleh Orang Muda Katolik Paroki Administratif St. Maria Assumpta Cawas, Klaten, Jawa Tengah dalam kerjasama dengan masyarakat lintas agama di sekitarnya. Bagaimana dan seperti apa orang-orang muda lintas agama itu menghayatinya? Beginilah kisahnya.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Pada hari Sabtu (4/8/2018), mereka menyelenggarakan Creaversity, merayakan keberagaman dengan kreavitas. Creaversity adalah puncak rangkaian aksi toleransi, eksplorasi dan selebrasi. Rangkaian Creaversity sudah dilaksanakan sejak tanggal 29 Juli 2018 dan memuncak tanggal 4 Agustus. Aksi toleransi berupa pelayanan kesehatan dan sepedaan santai. Puncaknya adalah Sabtu malam (4/8) dengan malam seni dan budaya yang melibatkan berbagai pihak.

Referensi pihak ketiga

Adapun pihak-pihak yang terlibat adalah Gereja Kristen Jawa (GKJ) Cawas yang menampilkan band; hadroh Lenteraning Ati yang difasilitasi oleh FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Cawas. Ada pula Gejok Lesung Pandanwangi Cawas. Datang dari Karanganyar, Chambers Music St. Pius. Yang menarik adalah tampilnya kolaborasi para Ibu Paroki dan Wanita Hindu Dharma Indonesia yang mendukung orang muda dalam Tari Gambyong. Asyik juga kan? Tak ketinggalan, malam seni budaya Creaversity juga disemarakkan dengan penampilan Barongsai “Singa Mataram”, Dictionary Band, Laras Madya “Ngesti Wirama”. Saya sendiri diberi kesempatan untuk turut menyemarakkan malam seni budaya ini dengan melantunkan lagu saya sendiri “UntukMu Indonesia” dengan alunan baby-saxophone.

Sebagaimana disampaikan Gani, salah satu Panitia, luar biasa peristiwa ini juga didukung dan dihadiri oleh Camat setempat yakni Pak Much Nasir, yang sudah menjadi Camat Cawat sejak 2012 yang lalu. Romo Yuyun Pr yang bertugas di Cawas mengapresiasi Creaversity ini dan bersyukur bahwa umat mendukung acara ini sebagai ungkapan Urip Seneng Sayuk Rukun ini.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Begitulah urip seneng sayuk rukun dihayati dan dihidupi OMK bersama umat dan masyarakat Cawas dan sekitarnya. Semua itu merupakan bagian dari srawung untuk peradaban kasih. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Cawas, Klaten, 4/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2639864104437414?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.