Inspiration

Inspirasi Kearifan Lokal Aja Mangro, Jangan Galau & Ragu Atas Pilihan & Keputusan Hidupmu!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Janganlah kecewa dan ragu atas pilihan dan keputusan yang kau ambil dalam hidupmu! Hal-hal yang mungkin di luar harapanmu, jangan pernah membuat kendor dalam memilih kebaikan untuk kepentingan yang lebih besar dibandingkan dengan kepentingan pribadi dan kelompok yang bersifat sesaat. Itulah makna pitutur luhur aja mangro mundhak kendho.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Sangat inspiratif bahwa tiba-tiba pitutur luhur yang satu ini bergema dalam diri saya ketika membaca, mengikuti dan mencermati peristiwa deklarasi capres-cawapres yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Padahal, pilihan dan pengumuman tersebut merupakan hak prerogratif Jokowi yang ditopang oleh partai pengusungnya. Namun tiba-tiba pula sesudah pengumuman pasangan cawapres disampaikan, sejumlah orang baper dan menggunggah status yang bernada kecewa. Mengapa? Lalu harus bagaimana? Inilah jawaban menurut kearifan lokal inspirasi falsafah Jawa yang saya temukan!

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Aja mangro mundhak kendho. Pitutur luhur ini mendadak jadi relevan dan signifikan kembali cocok banget diterapkan kepada sementara orang yang sedang galau dan kecewa karena pengumuman cawapres oleh Jokowi. Mengapa harus mangro? Mengapa harus ragu, galau dan kecewa? Seorang Jokowi tak akan pernah gegabah dalam mengambil keputusan. Ia pertimbangkan masak-masak dan matang hingga semua pihak yang berakal cerdas dan sehat memikirkan masa depan ini pasti sepakat dengan keputusannya.

Dan yang sungguh luar biasa isnpiratif dan penuh motivasi indah adalah sikap sosok Mahfud MD yang dengan dewasa memberikan peneguhan kepada siapa saja yang sedang galau dan mangro agar tidak kendho! Sebagaimana muncul di berbagai medsos dan berita online, sebagai negarawan sejati, Mahfud MD bilang, “Itu sudah pilihan Pak Jokowi, sesuai pertimbangan politik yang matang. Kita harus mengutamakan keselamatan Negara ini dari pada sekedar nama Mahfud MD atau Ma’aruf Amin atau nama lainnya!”

Referensi pihak ketiga

Nah, dalam realitas ini, inspirasi dan motivasi pitutur luhur aja mangro mundak kendho menjadi sangat relevan dan signifikan untuk direnungkan. Pitutur luhur itu menjadi sangat bermakna dan cocok banget, Jangan pernah ragu dalam membela kebaikan, keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat dan warga bangsa NKRI ini. Sikap mangro atau ragu-ragu hanya akan menyebabkan kegagalan dalam kehidupan ini, apa pun lingkaran persoalan dan konteks permasalahannya. Tak hanya di bidang sosial politis melainkan juga dalam kehidupan panggilan dan jati diri kita sebagai manusia, apa pun agama dan kepercayaan kita.

Maju terus dalam kemantaban pilihan dasar Anda, dalam konteks apa pun! Jangan pernah kendor, ragu dan mangro sebab itu hanya akan mengempaskan dirimu ke dalam jurang kesia-siaan yang tak menghasilkan apa pun selain semakin mendalam kecewamu! Sekali lagi, dalam situasi apa pun, jangan pernah mangro mundhak kendho!

Demikian, semoga bermanfaat. Teirma kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 10/8/2018

Sumber: refeleksi pribadi terinspirasi Pitutur Luhur Budaya Jawa (2017:14).

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3764865643343262?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.