Inspiration

Saling Peduli Laksana Cahaya Pelita, Memancar dalam Kegelapan, Menghangatkan Keberagaman!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Kadya sunaring pepadhang ing pepeteng. Itulah ungkapan dalam falsafah Jawa yang menantang siapa saja untuk memancarkan sinar cahaya dalam kegelapan. Ini bukan teori tetapi kenyataan dalam pengalaman.

Referensi pihak ketiga – komunitas difabel tampil dalam acara Pelita

Minimal, itulah yang saya renungkan setiap kali mendengar kata Pelita. Pelita bukan hanya sebagai kata benda yang berarti lentera tetapi Pelita yang merupakan komunitas cair Persaudaraan Lintas Agama Semarang. Ya, komunitas yang terbentuk dua tahun yang lalu dan dikoordinir oleh Setyawan Budi ini merupakan komunitas yang cair tanpa tata aturan organisasi yang ketat. Bahkan tanpa AD-ART karwna lebih merupakan paguyuban bahkan boleh dibilang merupakan persekutuan paguyuban-paguyuban. Ada aktivist kemanusiaan, ada aktivitas lingkungan hidup, ada aktivis keadilan di LBH, ada seniman, ada jurnalis, ada rohaniwan dari berbagai agama dan bahkan ada banyak mahasiswa-mahasiswi dari berbagai komunitas.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – Komunitas Sa0ta Dharma Kabupaten Semarang

Pelita memancarkan cahayanya dalam kegelapan intoleransi dan radikalisme. Pelita memancarkan cahaya dalam kegelapan keyidakadilan dan kerusakan ekologis. Pelita hadir dalam berbagai situasi yang kadang tidak ideal dan memancarkan sinarnya dalam gatis-garis kemanusiaan, kerukunan, dan keadilan.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – PMII Gus Dur UIN Walisongo

Itulah Pelita yang pada hari Sabtu (18/8/2018) menyelenggarakan pentas seni musik dan budaya di Taman Brumbungan, Semarang. Ini hanya salah satu dari banyak hal yang dilakukan Pelita dalam rangka memancarkan cahaya perdamaian, keadilan, kerukunan, dan keutuhan ciptaan. Semoga selalu cair dan mengalir memberi kesejukan bagi kehidupan bersama yang harmonis.

Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kota semua.***

JoharT Wurlirang, 18/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2560952090385806?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.